[Review] Kurumi KV 05 - Cordless Stick Vacuum Cleaner, Penyelamat dalam Bersih-Bersih



Dokumentasi Pribadi


Saya akan menulis hal baru dalam blog ini. Jika biasanya membahas seputar pengembangan diri sendiri, kali ini akan membahas produk yang membantu diriku dalam bersih-bersih. Baru kali ini beli produk vacuum cleaner dan memang merasa segitu butuhnya. Apalagi di tengah wabah corona, merasa perlu untuk memastikan kebersihan rumah. Sebetulnya bisa di lakukan dengan menyapu dan mengepel seperti biasa, tapi entah kenapa saat menyapu merasa belum sepenuhnya bersih.

Ketika melihat instagram, ketemu salah satu akun yang menjual vacuum cleaner dalam bentuk stick, merasa bahwa "Wah inilah yang gw cari". Langsung tertarik untuk membelinya. Karena memang lagi butuh dan ingin yang bentuknya simple dan tidak makan tempat untuk menaruhnya. Jika vacuum cleaner biasa bentuknya agak besar dan pakai kabel, Kurumi KV 05 ini tidak perlu pakai kabel dan bentuknya ramping. Karena mengandalkan baterai yang cukup tahan lama. 

Apa saja komponen alat Kurumi KV 05? Lantas, Apa manfaat dari Kurumi KV 05?

Dokumentasi Pribadi

Saat membuka kardusnya, akan mendapatkan semua komponen seperti gambar di atas. Gambar di atas memang sudah ada yang saya rangkai. Aslinya masih copot dari masing-masing komponen. Komponen tersebut terdiri dari mesin, stick, tiga brush, hepa filter, dan charger. Perihal cara pemasangan, kalian bisa lihat tutorialnya di Kurumi Indonesia

Berikut saya akan membahas satu per satu brush yang terdapat dalam Kurumi KV 05.

1. Rolling Brush 

Dokumentasi Pribadi


Rolling Brush biasa digunakan untuk menyedot debu yang ada di lantai. Layaknya seperti sapu, namun brush ini mampu menyedot debu dan tidak meninggalkan bekas. Brush ini juga memiliki keunggulan adanya lampu yang mampu memudahkan untuk membersihkan bagian bawah suatu tempat, misalnya bawah sofa atau bawah tempat tidur. Sehingga, tanpa adanya lampu yang menyala, kita tetap bisa membersihkan area tersebut. Sebetulnya bisa juga digunakan membersihkan area lain seperti karpet. Namun, saya sendiri menggunakan brush ini untuk membersihkan lantai. Adanya stick membuat saya mampu menjangkau area bagian bawah dengan mudah, sehingga bersih-bersih jadi lebih cepat. Jadi layaknya seperti menggunakan sapu seperti biasa.

2. Bristle Brush

Dokumentasi Pribadi


Brush ini juga tidak kalah manfaatnya. Adanya bulu seperti sikat membuat brush ini berguna untuk membersihkan peralatan yang ada di rumah. Saya sendiri menggunakan brush ini untuk membersihkan sofa, atas dispenser, atas kulkas, bahkan meja TV. Selain itu, brush ini juga bisa membersihkan sela-sela ranjang dan pajangan yang ada di rumah (misalnya bingkai foto). Oh ya.. saya juga menggunakan brush ini untuk membersihkan layar televisi loh. Pokoknya multifungsi deh.

3. Long Crevice

Dokumentasi Pribadi

Nah kalau komponen yang satu ini bermanfaat sekali untuk membersihkan area yang sempit. Seperti ujung-ujung tembok, samping kulkas, bahkan sela-sela lemari. Bentuknya yang menyempit, memudahkan kita untuk menjangkau area-area yang sulit jika menggunakan sapu. Jika tempat yang akan kita gunakan termasuk sempit, maka bisa kita gunakan komponen ini untuk membersihkannya.
Bisa dilihat bahwa penggunaan stick dapat disesuaikan kebutuhan kalian. Saya tidak selalu menggunakan stick, sebab ada beberapa area yang lebih cocok digunakan dalam peganggan yang pendek. Menggunakan stick jika ingin menjangkau area yang di bawah sekali atau atas sekali. 

Vacuum cleaner ini sangat multifungsi. Hanya satu alat namun banyak komponen yang bermanfaat sekali. Bukan hanya sekedar membersihkan lantai layaknya menyapu, namun ini bisa untuk membersihkan berbagai tempat dan peralatan. Bahkan bisa juga loh digunakan untuk membersihkan area mobil, seperti jok maupun karpetnya.

Adanya baterai yang digunakan juga memudahkan kita untuk membawa kemana-mana, jadi tidak perlu selalu colok listrik. Durasi penggunaan juga terbilang lama. Saat menggunakan mode normal, maka vacuum cleaner ini bisa digunakan hingga 40 menit sejak baterai penuh. Sedangkan mode lebih cepat, bisa digunakan dalam waktu 20 menit. Perihal waktu untuk pengisian daya kurang lebih selama empat jam. Nah biasanya kalau vacuum cleaner identik dengan suara berisik dan berat. Vacuum ini menurut saya tidak terlalu berat dan saya sendiri bisa untuk bongkar dan pasangnya. Perihal suara juga tidak terlalu bising, masih kategori oke dan tidak terlalu menganggu.

Vacuum cleaner ini memiliki tabung yang cukup luas, sehingga bisa menampung sampah dalam jumlah banyak. Cara membersihkannya juga terbilang mudah. Pertama perlu untuk melepas mesin dari peganggan, lalu buka tutup tabung untuk membuang sampah. Lepaskan hepa filter yang berbentuk bulat dan berwarna putih. Lepaskan tempat hepa filter dan cuci bersih menggunakan air mengalir. Hepa filter juga perlu di cuci dengan air mengalir. Pastikan dalam kondisi kering sebelu memasang ulang. Semua penjelasan dan tutorial membersihkan tabung dapat di lihat di Kurumi Indonesia

Jelas produk ini membantu sekali untuk kita-kita dalam membersihkan area khususnya rumah. Saya menggunakan sapu untuk membersihkan area lantai, namun debu belum sepenuhnya keangkat. Keliatan sekali jika di sapu maka debu tersebut akan terbang-terbang dan bisa hinggap di tempat lain, seperti sofa. Nah, jika di sedot, tentu tidak akan membuatnya terbang kemana-mana. Harga memang lebih mahal di bandingkan beli sapu dan pengki biasa. Jika di lihat manfaat yang di dapatkan, tentu harga tersebut sangatlah sesuai dengan hasil yang diperoleh. Produk ini juga ada warna rose gold yang cantik sekali. Kebetulan saya sudah beli yang warna red, padahal warna barunya bagus sekali.

Satu lagi yang keren, ada komponen baru yang diberikan untuk melengkapi kegunaan produk ini. Komponen tersebut adalah bed brush. Jadi kita bisa untuk membersihkan kasur dengan menggunakan produk ini. Cuma brushnya saja yang berbeda. Jangan menggunakan tiga komponen diatas untuk membersihkan kasur ya. Sebab untuk membersihkan kasur katanya perlu yang ada sinar UVnya. Agar tungau mati dan menghindari pertumbuhan tungau. Saya sendiri tidak membeli bed brush karena sudah terlanjur membeli vacuum cleaner khusus kasur. Nanti akan saya review selengkapnya.

Saya sarankan untuk membelinya langsung di official store atau reseller resminya. Salah satu reseller resmi yang saya ketahui di Jakarta Utara adalah Tinkiwinki Babytoys. Jika ingin melihat reseller resmi Kurumi Indonesia lainnya bisa cek di highlight berjudul reseller Kurumi Indonesia. Pastikan di tempat yang resmi agar terhindar dari produk yang tidak baik. Oh ya, ini tidak bisa untuk mengepel ya. Jika ingin yang bisa mengepel juga, ada produk tipe lain yang dijual juga oleh Kurumi Indonesia.

Selamat bersih-bersih :)

NB: Semua foto merupakan dokumentasi pribadi

2 comments

  1. Naaaah vacum begini yg aku butuhin, tanpa kabel :D. Krn kadang suka males colokin lepas kalo pake kabel, Krn ga bisa menjangkau seluruh area ruang.

    Sbnrnya beda mode normal bisa dipake sampe 40 menit dan mode cepet hanya 20 menit apa ya mba? Apa beda di kekuatan menyedot debunya?

    Aku juga pengen beli yg utk kasur sbnrnya mba. Ntr mau cek juga harganya deh :).

    Pokoknya selama pandemi ini, kita semua kayaknya jd lebih parno Ama kebersihan sih yaaa. Akupun begitu. Rumah kayaknya kok ga yakin bersih, jd selalu kuatir Ama debu dan lainnya :).

    Reseller resminya ga jauh dari aku nih kalo jakarta Utara :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Fanny, salam kenal..

      Makasih sudah mampir kesini hhhee..

      Iyaa.. ini lebih praktis mbak karena ga perlu cabut colok kalau mau pindah tempat. Betul mbak, beda di kekuatan menyedot debunya. Kalau yg mode cepat, dia lebih kuat daripada mode normal. Aku sih selalu pake mode normal dan tetap kok ke sedot sampai bersih. Lantai berasa keset kayak habis di pel. Padahal baru vacum debu doank.

      Iyaa, wajib sekali jaga kebersihan demi kebaikan bersama hhhee..

      Nah.. bisa tuh mbak cek cek ke resellernya atau hub CS Kurumi via DM di Instagram juga fast response kok mbak hhhe..

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.