Mesin Cuci Mini - MITO WM1



MITO WM 1


Efek pandemi Covid 19 dan waktu itu lagi hamil, akhirnya saya beli mesin cuci mini. Sebetulnya kepikiran mau beli mesin cuci mini, karena mau baju-baju Alm. Baby E saya cuci sendiri. Selama ini baju saya dan koko cuci di laundry kiloan. Cuma, ternyata Baby E pergi lebih cepat, alhasil merasa butuh tidak butuh beli mesin cuci saat itu. Melihat efek pandemi yang semakin meningkat, akhirnya saya tetap membeli mesin cuci mini. Pilihannya jatuh kepada MITO WM 1. Jika Mba Eno membeli UV Sterilized Box dan Ci Jane membeli Purifrying Spray serta Summer Multi Purpose Cleaner, nah saya beli mesin cuci mini 🤣 Ini cerita berdasarkan pengalaman pribadi ya.

Tulisan ini terinspirasi dari Mba Eno dan Ci Jane yang membahas barang-barang yang dibeli selama pandemi ini. Selain Kurumi KV 05 yang membantu sebagai pengganti sapu, Mito ini kecil-kecil super bermanfaat. Saya mengetahui MITO WM 1 dari salah satu toko onlineshop yang menjual peralatan baby. Waktu pertama kali melihat, merasa "lucu amat mesin cuci mini begini." Lantas kepikiran karena tinggal di apartment yang tidak begitu luas, produk ini bisa jadi penyelamat kami. Benar saja, produk ini sungguh bermanfaat, apalagi bagi yang memiliki tempat tinggal berukuran kecil.

MITO WM 1
Dokumentasi Pribadi

Jadi, mau info sedikit yaa. Siapa tau bermanfaat buat teman-teman yang membaca. Ini saya beli sejak bulan Juli kalau tidak salah dan memang tidak rutin digunakan. Sejauh ini cukup puas sama produk MITO WM 1. Ukuran produk dan tingginya seberapa, saya cuma bisa bilang bahwa produk ini seukuran tempat nasi di warung makan. Bener-bener seukuran itu dari tinggi maupun diameternya. Sampai koko saja bilang saya ini "beli mesin cuci atau tempat nasi" 🤣 Super duper mungil dibanding mesin cuci pada umumnya. Kapasitasnya bisa mencuci hingga 3,5 kg dan daya input 170 watt. Please, jangan menggunakan untuk cuci baju atau celana dengan jumlah banyak. Ini kan mini jadi memang harus sedikit. Sayang jika terlalu di paksa, nanti kerja mesinnya jadi berat. 

Diatas tutup mesin ada sticker yang berisi informasi mengenai jumlah pakaian yang bisa di cuci dalam satu mesin. Ini kurang lebih ya, jadi mereka menyarankan untuk mencuci kurang lebih 5 pcs kemeja dewasa atau 1 pcs celana jeans atau 1 pcs handuk. Jadi memang tidak bisa mencuci dalam jumlah terlalu banyak. Pernah saya coba cuci keset dan bisa loh. Cuma memang tidak banyak, waktu itu cuci 2 pcs saja. Bahkan waktu itu pernah lihat review mommygram yang mencuci pakaian babynya bisa lebih dari 5 pcs. Jelas karena pakaian baby lebih kecil dan tipis, jadi bisa dalam jumlah banyak. 

Oke tadi dari segi kapasitas dan daya, nah menariknya adalah mesin cuci ini dilengkapi juga dengan pengering loh. Sungguh saya bersyukur hidup di zaman seperti ini. Super canggih dan bisa memiliki produk bermanfaat. Jadi pengeringnya itu seukuran ember dalam tempat sampah. Duh.. maaf saya bingung juga menyebutnya apa. Intinya seukuran bagian dalam tempat sampah mini. Namun, di lengkapi dengan penutupnya. Jadi saat mengeringkan baju dan mesin bergoyang, tidak membuat baju menjadi keluar atau jatuh.

Pengering MITO WM 1
Dokumentasi Pribadi

Pengering MITO WM 1
Dokumentasi Pribadi

Lihat kan, begitu mini nan mungil. Jujur kalau melihat mesin cuci ini saya suka ketawa sendiri. Lucu karena kecil sekali loh hahaha.. Nah, cara memasang bagian pengeringnya adalah ada dua pengait yang perlu di pasang ke dalam tabung bagian menyuci Jadi ada lobang pengaitnya itu, tinggal masukin pengaitnya. Nanti, tempat buat mengeringkan siap digunakan. Berapa lama durasi mencuci dan mengeringkan? Kalau mau mencuci, terdapat mode wash dengan pilihan durasi selama tiga menit, lima menit, dan 10 menit. Sedangkan untuk mode dry, terdapat pilihan tiga menit dan lima menit. Nah, seperti mesin cuci pada umumnya, saat mencuci dia akan mutar-mutar apa yang kita masukkan. Benar-benar di putar, karena pakaian paling atas nanti bisa menjadi di bagian bawah. Lalu ada lampu warna biru yang menyala, sebagai tanda bahwa mesin sedang bekerja dan berputar. Cara menggunakan tombol mesin adalah di putar searah jarum jam dan dibiarkan hingga nanti selesai. Ketika selesai, nanti akan bunyi cetek sebagai tanda proses berputar atau menggeringkan sudah selesai.

MITO WM 1
Dokumentasi Pribadi


Apa yang di dapatkan ketika membeli MITO WM 1?

Satu mesin cuci terdiri dari tabung mencuci, tabung mengeringkan beserta penutup, selang pembuangan air yang bisa di kaitkan, dan selang tambahan untuk masukan air. Karena saya pake shower mandi, jadi selang tambahan ini tidak digunakan. Selang ini bisa digunakan jika kalian memasukkan air melalui ledeng. Kemudian yang menarik adalah bagian bawah mesin terdapat seperti perekat berwarna hitam. Jadi saat mesin ditaroh ke lantai, akan merekat dengan sempurna. Tidak perlu takut mesin bergeser kertika goyang saat mencuci. Karena perekat ini sangat kuat, bahkan ketika sudah selesai cuci dan mau angkat mesin, susah untuk mengangkatnya. Seperti lem yang super kuat. Seperti foto di bawah ini.

Perekat MITO WM 1


Mesin ini cocok untuk teman-teman yang tinggal di tempat dengan luas kecil dan jumlah anggota keluarga tidak banyak. Seperti kami masih berdua, jadi cukup menggunakan mesin ini. Cocok juga jika mau mencuci pakaian baby karena tidak mau di campur dengan pakaian lainnya. Bisa juga untuk anak kost yang suka kehilangan baju atau kaos kaki kalau cuci di tempat kost 🙈 Intinya ini bermanfaat untuk kalian yang mencuci bisa dalam jumlah sedikit. Di tengah pandemi, produk ini bermanfaat juga buat saya agar tidak selalu mengandalkan tempat laundry kiloan.

Kekurangannya adalah kabel colokan listrik tidak terlalu panjang, mungkin hanya sekitar 1 meteran. Nah, jika kalau mau colok ke stopcontact tapi tidak sampai, butuh kabel roll sebagai tambahannya. Kemudian, selang pembuangan air juga tidak terlalu panjang. Sehingga jika berniat beli dan menggunakan, perlu di cari tempat yang cocok dan dekat pembuangan air. Saya sendiri mencuci di dalam kamar mandi. Untungnya colokan masih kejangkau, hanya saja saat membuang air masih agak jauh dari tempat yang seharusnya. Perihal suara bisa di bilang tidak terlalu menganggu. Namun saat proses mengeringkan, suara yang ditimbulkan lebih berisik dibandingkan saat mencuci. 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat juga untuk teman-teman yang membutuhkan ya  😉


Gambar: Dokumentasi Pribadi

Cover: Canva



6 comments

  1. OMG Mitoooo, saya sempat beli ini mba, waktu itu buat hadiah teman saya yang baru punya baby :)) gara-garanya dia yang minta sih, kan saya tanya mau hadiah apa, jawabannya mesin cuci Mito sebab banyak yang review bagus (padahal dia sudah ada mesin cuci besar di rumahnya) :D yasudah saya belikan, dan nggak lama kemudian dia bilang ke saya, "Huhu bagus siiih mesin cucinya bisa buat cuci baju bayi, tapi suara mesinnya menggelegar jadi setiap kali gue mau cuci baju, bayi gue harus menjauh dulu biar nggak kebangun." hahahaha :))

    However, menurut teman saya, over all mesin cucinya sangat membantu untuk cuci baju bayi, especially buat orang tua yang mau baju bayinya dicuci terpisah dari baju dewasa. Hehehehe. Mana tau ada ibu-ibu lagi cari review soal mesin cuci Mito dan terdampar di blog mba Devina, I could say that Mito WM 1 is good asal nggak dimasukkan terlalu banyak pakaian :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss aku pun merasa ini baguuss dan terbantu bangeeett.. Mungkin di bilang menggelegar pas bagian mengeringkan. Karena bunyinya emang aga berisik di banding kalo pas nyuci. Soalnya kalo ngeringin baju kan dia muter lebih cepat daripada cuci. Jadi terkesan berisik, apalagi untuk baby hhha..

      Kalo untuk aku siih masih oke laah bunyinya, bukan yg ganggu gimana 😂

      Iyaa beneer mbaa, ga bole masukin pakaian terlalu banyak hhhee..

      Delete
  2. baca ini jadi keinget waktu kuliah duluuuu banget, waktu ke mall, liat ada pajangan ini, kok lucu imut, ehh taunya mesin cuci, kepikir enak juga ya beli. tapi nggak beli akhirnya
    buat anak kos oke juga ini ya hehehe, bisa sedikit membantu gitu kalau lagi males nyuci :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhaa iyaaa ini super mungil dan bermanfaat. Betul cocok juga buat anak kos 😁

      Delete
  3. Mba iparku sejak mama meninggal, dia lgs pindah ke apartemennya, dan akhirnya beli mesin cuci mini jugaaa hahahah. Padahal awalnya udh punya mesin cuci, tp Krn mikir skr hanya dia dan anak2, Krn suaminya juga hrs isolasi di rumah mama, jadinya Cucian ga banyak, dan sayang kalo pake mesin cuci gede yg Watt gede.

    Gemeeeesh yaaa liat bentuknya mungil amaaaat hahahahah. Tapi kalo aku ga cocok, secara cucian slalu banyaaak di rumah hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa emang kalau cucian ga banyak cocok pake ini.. Emang kaak mungil hhha, kaya tempat nasi di rumah makan gitu 😁 Iyaa.. kalau di rumah memang kurang cocok, mending langsung pake mesin cuci gede hhhe..

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.