Review Kurumi KV 01 - Anti Dust Mites UV Vacuum Cleaner



Kurumi KV 01 - Devina Genesia


Hari Sabtu menjadi waktunya untuk bersih-bersih, khususnya membersihkan kasur. Saya menggunakan Kurumi KV 01 untuk membersihkan kasur, bantal dan guling, karpet, serta gorden. Kurumi KV 01 merupakan Anti Dust Mites UV Vacuum Cleaner yang bisa membantu kita untuk membasmi tungau yang ada di sekitar kita. Pertama kali tahu alat ini dari review orang yang saya lihat melalui Instagram. Awalnya sempat mengira, "benerkah kasur sebegitu kotornya?" Padahal selalu dibersihkan dengan sapu lidi kasur. Bahkan terlihat seprai yang digunakan juga masih bersih. Namun, saya pernah terbangun dan melihat kaki serta tangan bentol kemerahan. Di tempat saya tidak ada nyamuk, jadi sudah pasti bukan karena di gigit nyamuk. Kepikiran mungkin ada tungau di kasur yang digunakan. Selain itu, beberapa kali suami juga terbangun dan bersin-bersin. Padahal, lantai sudah saya vacuum dan pel.

Oke fix, akhirnya saya membeli alat ini. Ternyata setelah menggunakannya, saya merasa bersyukur memutuskan untuk membelinya. Karena saya tidak menyesal sama sekali. Adanya pandemi corona, membuat saya juga semakin sadar untuk menjaga kebersihan. Apalagi tiap hari kasur digunakan oleh kami untuk beristirahat. Saya merasa uang yang dikeluarkann untuk membeli alat ini setimpal dengan manfaat yang di dapatkan. Karena mau manggil jasa vacuum kasur sudah tidak memungkinkan di tengah pandemi seperti ini. Setelah di pikir, biayanya juga lumayan mahal ketimbang saya beli sendiri Kurumi KV 01. Lalu, saya bisa menggunakannya kapan saja sesuai kebutuhkan. Sedangkan memanggil jasa vacuum kasur, tentu butuh waktu dan tidak bisa setiap saat.

Saya membeli alat ini sejak April 2020, jadi hampir tujuh bulan menggunakan alat ini dan super puasssss. Saya baru bisa mereview saat ini karena merasa alat ini super bermanfaat setelah menggunakannya terus menerus. Saking sudah seringnya memvacuum, saat tidak melakukannya akan merasa kasur sangat kotor. Saya membeli alat ini di official store Kurumi Indonesia karena terpercaya. Kurumi Indonesia juga memiliki reseller resmi yang bisa di lihat di akun Instagram pada bagian Highlight Reseller. Kurumi KV 01 ini terdapat tiga warna, yaitu merah, putih, dan gold. Saya memilih warna gold karena terkesan mewah dan katanya cukup jarang tersedia hhhe.. Alat ini masih menggunakan kabel, namun tidak perlu khawatir karena kabel yang menyertai juga sangat panjang (4 meter). Lalu, daya yang digunakan adalah 400 Watt dengan Voltase 220-240 V. Perihal suara, tentu vacuum cleaner manapun akan menimbulkan suara. Kurumi KV 01 juga menimbulkan suara, namun bukan yang terlalu bising. Kapasitas debu yang di tampung juga bisa mencapai 0,5 L. 

Apa yang di dapatkan dari membeli Kurumi KV 01?

Saat membuka dus, berisi satu alat UV Vacuum  Cleaner dan juga diberikan free Hepa Filter. Nah, seperti sebutannya, yaitu UV Vacuum Cleaner, jadi vacuum ini dilengkapi dengan UV Light yang dapat membunuh bakteri dan tungau. Tentunya bakteri dan tungau ini berbahaya untuk kesehatan kita dan bisa menimbulkan alergi. Adanya UV Light mampu untuk membasmi penyebab dari alergi tersebut. 

UV Light Kurumi KV 01
Dok. Pribadi

Lampu UV Kurumi KV 01
Dok. Pribadi

Saat menaruh alat tersebut di atas kasur, nanti akan muncul lampu berwarna merah. Lampu merah tersebut sebagai tanda bahwa UV Light dari Vacuum sedang menyala dan bekerja untuk membunuh bakteri serta tungau. Saat alat di angkat keatas, akan terlihat UV Light yang berwarna kebiruan. Cara menggunakan alat ini cukup sederhana, yaitu menggerakan sejajar ke arah atas, lalu ke bawah. Pastikan semua bagian kasur di vacuum ya. Jadi, biasanya saya mulai dari sisi sebelah kiri, lanjut ke tengah, dan terakhir di sisi kanan. Biasanya saya bisa dua hingga tiga kali melakukan vacuum. Alat ini juga bisa di gunakan secara vertical ya, jadi bisa juga untuk memvacuum bagian kepala kasur dan sisi samping kasur. Saya sendiri menggunakan alat ini untuk memvacuum bagian gorden. Sebab, biasanya bagian gorden juga penuh dengan debu. 

Kurumi KV 01 Vertical
Dok. Pribadi

Kalian tentu bertanya-tanya, apakah benar alat ini sudah menyedot bagian yang kotor? Tandanya bisa terlihat dari lampu berwarna merah. Jika lampu tersebut menyala, tandanya alat ini sedang menyedot debu yang menempel di bagian tersebut. Otomatis UV Light akan membunuh bakteri dan tungau yang ada. Namun, jika lampu berwarna merah tidak menyala, maka alat tersebut sedang tidak menyedot debu. Biasanya itu terjadi jika posisi alat tidak menempel sempurna pada bagian yang sedang dibersihkan. Jadi, pastikan alat tersebut menempel dan tidak menggantung pada bagian yang sedang di bersihkan, sehingga bisa menyedot debu dengan sempurna.

Alat ini di lengkapi juga dengan Hepa Filter. Hepa Filter merupakan teknologi yang bisa menghisap mikropartikel yang tidak kasat mata. Hasil dari sedotan debu akan terlihat pada busa yang menempel di Hepa Filter. Nah, bagian ini bisa di cuci dengan air mengalir dan pastikan kering sebelum memasangnya kembali. Bagian kotak hitam juga bisa di cuci dengan air. Karena biasanya ada sisa debu yang menempel di dalamnya. Cara pemasangan juga perlu diperhatikan jangan sampai keliru. Bagian depan Hepa Filter di tandai dengan adanya pengait berwarna biru. Pengait berwarna biru ini berfungsi juga untuk melepaskan Hepa Filter dari kotak hitam. Caranya tinggal di tarik saja, nanti akan terlepas dengan sendirinya. Hepa Filter juga di jual terpisah. Ketika sudah lama dan terlihat kotor yang tidak bisa hilang, sebaiknya diganti dengan yang baru. Sebab, Hepa Filter yang sudah tidak layak tentu akan mempengaruhi performa dalam menyedot debu.

Dok. Pribadi

Hepa Filter Kurumi KV 01
Hepa Filter (Dok. Pribadi)


Kurumi KV 01
Dok. Pribadi

Debu pada gambar di atas ini merupakan hasil vacuum pada bagian kasur, matrass protector, dua pasangan bantal dan guling, bagian kepala dan sisi samping kasur, serta gorden. Fiuhh... jujur pertama kali menggunakan alat ini dan melihat hasilnya, duh ngeri sendiri. Selama ini berarti saya tidur bersama dengan debu-debu tersebut 😱 Super horor sekali, pantesan timbul bentol kemerahan dan suami suka bersin-bersin. Ternyata debunya cukup tebal. Akhirnya saya berusaha untuk konsisten melakukan vacuum satu kali dalam seminggu. Kadang jika belum sempat ganti seprai, saya juga memvacuum bagian seprai serta bed cover yang digunakan. 

Bagi kalian yang memiliki alergi debu, hewan peliharaan berbulu, atau memiliki anak usia dini, saya sarankan membeli alat ini. Karena super duper bermanfaat dan membantu kalian untuk membersihkan debu-debu yang tidak terlihat. Tentu sekilas akan merasa bahwa area kita sudah bersih. Namun, siapa sangka masih ada debu menempel yang tentunya terdiri dari bakteri bahkan tungau yang bisa menganggu kesehatan. Daripada terus memanggil jasa vacuum debu yang tentunya tidak murah, lebih baik investasi dengan membeli alat ini 😊 Mari kita lawan bakteri dan tungau yang menganggu kesehatan! Lantas, adakah yang sudah mempunyai alat ini? Bagaimana kesan kalian setelah menggunakannya? 😉


Cover: Canva
Devina Genesia



10 comments

  1. enak sekali bersih bersih alat seperti kurumi ya, pasti lebih cepat dan pekerjaan akan sangat terbantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget Kak, jadi mudah dan cepat hhee..

      Delete
  2. Menariknya juga vacuum Cleaner merk Kurumi KV 01 ini...Simple praktis dan nggak ribet cara penggunaannya hasilnya pun cukup memuaskan..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas, bersih-bersih jadi menyenangkan hhee..

      Delete
  3. Kemarin sempat lihat ulasan produk yang sama diblog kak Eno. Kayaknya Kurumi ini memang produk bagus yah. Sejauh ini, saya membersihkan tempat tidur hanya pake sapu lidi. Kalau ada barang yang memang ingin saya beli pandemi ini adalah alat cukur rambut biar saya bisa belajar cukur untuk teman dan diri sendiri 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya juga pakai sapu lidi, tapi kadang masih ngerasa kotor. Ada alat ini ngebantu sih jadi berasa kasur lebih bersih hhhe..

      Wahh... iyaa nih karena pandemi jadi banyak yang belajar nyukur rambut sendiri. Semoga segera terwujud punya alat cukur rambut dan bisa langsung praktek yaa hhhe...

      Delete
  4. Yay kita kembaran! Debuuunya mantap ya mbaaa, kesedot semua hahahaha 🤣

    Puas banget pakai Kurumi sampai sekarang. Semoga yang masih ragu mau beli Kurumi bisa baca review mba Devina dan tercerahkan 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu Mba hhha.. betuull, seneng liat debu keangkat gitu jadi berasa bersih. Ga nyesel deh beli produk ini yaaa 😁

      Delete
  5. saking banyaknya antrian BW, ternyata ku melewatkan banyak post mba devina ya
    ini kayak punya mbak eno hehe, duhh kok jadi pengen ya,, apa kabar kasurku yang hampir ga pernah dibersihin, dijemur aja udah enggak. berat bawanya dan halaman juga ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sama kaya punya Mba Eno...

      Jika ada uang lebih, boleh Mba beli alat ini. Berguna banget untuk kesehatan sendiri juga, jadi ga tidur bersama debu-debu hhhe..

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.