Salah Tulis Nama

 


Salah Tulis Nama


Pernakah kalian merasakan bahwa nama kalian di tulis berbeda dari yang seharusnya? Apalagi bagi kalian yang punya nama unik dan cenderung mirip dengan nama lainnya. Seperti yang tertera di Bio, nama saya adalah Devina Genesia. Sepintas nama tersebut mudah untuk diucapkan dan dituliskan. Namun, sudah beberapa kali menemukan bahwa ada beberapa orang yang salah menulis nama saya. 

Devina

Mulai dari di tulis Defina, Deviana, Defiana, Davina, bahkan Daviana. Jelas untuk Davina dan Daviana itu cukup berbeda jauh di bandingkan dengan Devina. Cuma tetap ada loh yang menuliskan atau bahkan memanggil saya dengan nama tersebut. Padahal nama Devina itu cukup banyak yang menggunakannya. Jadi termasuk nama pasaran, tapi tetap ada saja yang salah. Kalau Devina jadi Defina, saya masih maklum. Terkadang V dan F memang bisa di bilang mirip penyebutan, namun berbeda penulisannya. Kadang suka sebal sendiri kalau ada orang yang salah dalam nulis nama. Terkesan mengubah nama saya.

Genesia

Nah... ini lebih parah lagi. Jika kalian mendengar kata Genesia, mungkin terlintas pertama adalah Genesis atau Ganesha. Hayo, pertama kali tahu nama belakang saya "Genesia", apa dua kata itu juga terlintas di kepala kalian? πŸ˜‰ Selama 27 tahun usia saya, orang selalu merasa unik dengan nama Genesia. Karena dikiranya itu Genesis atau Ganesha. Mungkin memang dua kata itu menjadi rujukan orangtua dalam memilih nama lengkap saya. Tidak jarang orang menuliskan nama belakang saya menjadi Genesis atau Ganesha. Bahkan pernah ada yang menuliskan Geneshia. Belom lama ini saya suntik vitamin C di kantor. Kebetulan yang memberikan suntikan langsung dari pihak Rumah Sakit. Ini menjadi salah satu fasilitas dari kantor agar kami tetap sehat. Nah, saat saya memberitahu nama lengkap, suster RS tersebut malah menulis nama saya menjadi Devina Genecia.

Duh... kenapa nama belakang saya jadi imut begitu. Padahal saya menyebutkan Genesia, tertulis menjadi Genecia. Bukankah S dan C itu agak berbeda jika dilafalkan? Akhirnya saya minta di ganti karena itu tidak sesuai dengan nama saya. Nama belakang saya ini terkesan sederhana, namun rumit untuk di tuliskan. Pernah juga surat-surat dari RT atau Kelurahan juga salah dalam menuliskan nama belakang. Makanya, jika akan membuat surat-surat yang penting, saya selalu memastikan orang yang menuliskan harus benar. Bahkan jika diucapkan via telefon, biasanya saya eja nama belakang saya satu per satu. Saya selalu bilang nama belakang saya dengan Golf, Echo, November, Echo, Sierra, India, Alfa. Iya.. beneran saya eja satu per satu seperti itu agar tidak ada yang salah lagi. Kalau sampai salah, duh... bingung deh harus bagaimana lagi 🀦‍♀️

Makanya kadang suka bingung dengan pilihan orang tua yang memberikan nama anaknya cukup unik. Sebetulnya bagus dan sah saja, sebab itu keputusan mereka. Cuma merasa sedih kalau ternyata nama tersebut malah jadi bumerang. Orang yang akan menyebutkan atau menuliskan bisa saja teledor dan menimbulkan kesalahan. Akhirnya menjadi ribet sendiri untuk mereka. Sebetulnya tiap nama itu unik dan bagus. Hanya saja memang agar lebih berhati-hati khususnya kalian yang punya nama rawan terjadi salah penulisan.

Adakah yang punya pengalaman seperti saya? Bagaimana caranya agar tidak terulang kembali salah tulis nama tersebut?


Cover: Canva


Devina Genesia


22 comments

  1. Pertama kali main ke sinj juga sempat notice nama belakang kak Devina. Awalnya yang terlintas adalah kata genosida. Ha ha ha. Tapi salah tulis atau sebut nama kayaknya terjadi untuk semua orang.

    Beberapa kali nama saya ditulis dan dipanggil "raul" tanpa H. Yang pertama, saya bukan suami mbak Krisdayanti. Dan yang kedua, saya lebih senang dengan nama saya yang pake huruf H. Perkara nama memang tanggung jawab masing-masing yang dibebankan oleh orangtua. Saat namanya penuh arti misalnya, ia punya tanggung jawab untuk tidak berbuat kesalahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhh Mas, ngeri juga kalo namanya itu 🀣

      Iyaa, sekilas kalau di baca kan nama Mas bisa hilang unsur H nya. Padahal kalau ga pake H jadi Raul ya.

      Betul Mas, tanggung jawab tiap orang yang punya nama tersebut. Harus bisa "membawa" nama tersebut sesuai dengan harapan orangtus πŸ™‚

      Delete
  2. Waduh, sering banget kak, kalau kejadian kayak gini sih. Bahkan sering juga aku dipanggil 'mas' atau 'pak' pas chatting sama kurir atau pas email sama cs. Kesel juga sih, soalnya aku 100% cewek lho. Tapi males banget aku ngebenerinnya.πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh πŸ™ˆπŸ™ˆ repot jugaa yaaa kalo ketemu orang yg ga di kenal πŸ˜…

      Mungkin kalau ketemu kamu langsung dia akan kaget karena selama ini di panggil Mas atau Pak.

      Delete
  3. Waahh, sama nih kak
    Terkadang, nama memang mudah salah sebut sm salah ketik ya
    Ini sii yg bikin rada gak enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak. Penulisannya itu kadang suka salah kan kesannya jadi nama orang yg berbeda πŸ˜…

      Delete
  4. Kalau saya suka dipanggil mas-mas karena nama depan Ade. Pernah ditanya gini sebenarnya Ade Lisna itu cewek atau cowok ya soalnya namanya setengah cowok setengah cewek. Emang bikin sedih. Tapi ngakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kak πŸ™ˆ Karena nama Ade emang bisa cowo atau cewe sih ya. Padahal kalau liat kakak, mereka yg ngira kalau itu cowo bisa kaget kali yaaa πŸ˜…

      Delete
  5. Wahh sama banget nih Mba, aku juga sering banget nama belakangnya ditulis salah. Seharusnya Putrisia menjadi Patrecia, Patresia. Mungkin bagi mereka itu yang umum. Tapi terkadang agak bosan aja yaaa harus ngingeti terus hehe

    Aku juga sadar banget nama anak orang kok sekarang susah dan unik-unik banget. Tapi sebagian besar yang aku lihat itu anak-anak artis sih yang namanya unik-unik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba, sekilas kalau di ucapkan mungkin mirip tapi kan penulisannya beda yaa Kak.

      Betul Kak, aku juga bingung tapi bagus sih namanya unik. Jarang ada juga. Cuma ngeri salah penulisan apalagi pas urus surat-surat 🀦

      Delete
  6. Masalah ini relate banget sama aku, Ci πŸ˜‚
    Salah sebut sampai salah tulis itu udah kayak makanan sehari-hari, tapi tetap aja kesal kalau dengar orang salah sebut namaku 😀.
    That's why, setiap kenalan, aku lebih suka memperkenalkan diri sebagai "Lia" supaya menghindari salah sebut nama πŸ˜‚
    Btw, namaku mengandung huruf "C" dan sering ditulis "S", kebalikan dari Cici. Hahaha. Kayaknya orang sini masih suka rancu antara "C" dan "S" karena kalau dibaca sama-sama mengeluarkan suara "S" πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sih karena orangnya takut sama kamu Li..🀣🀣

      Delete
    2. Aku imut-imut dan unyu gini, apa coba yang bikin takut, Kak Anton? 🀣

      Delete
    3. Iyaa bener Li, suka kesel sendiri jadinya. Nah sepertinya emang begitu Li, karena C dan S sekilas kedengerannya mirip kalau di sebut. Jadi orang bisa salah nulis hurufnyaaa...

      Delete
  7. Aku aku aku! πŸ˜‚

    Namaku itu ribet banget untuk dilafalkan maupun dieja. Jadi setiap kali berurusan dengan customer service di telpon, aku juga sama kayak kamu, mengeja namaku dengan phonetic alphabet πŸ˜‚ makanya kalau bukan urusan resmi, aku lebih suka menyingkat namaku dengan Via, diambil dari ReggieVIA. Pake Jane pun masih suka salah eja, ya Jean lah, Jenny lah hahaha

    Makanya makin ke sini sepertinya orangtua millenial lebih suka kasih nama anak yang simpel-simpel 😝

    Btw, Devina itu nama yang cukup simpel dan mudah diingat lho menurutku. Kok bisa ada yang plesetin sampai sejauh Daviana ya? πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang eja dengan phonetic alphabet meminimalisir kesalahan dalam penulisan nama yaa ci hhhe.. Iyaa Jane kadang juga bisa salah ditulis. Lahh kok malah bisa Jenny, perasaan itu jauh deh dari Jane hhha..

      Iyaaa... kelak aku pun pengennya begitu kasih nama anak yang simple aja. Daripada ntar jadi nyusahin dia jugaaa 🀣

      Aku pun juga bingung ci. Daviana kan uda cukup jauh yaa bedanyaaa. Huhuhuu... tapi ada loh yang manggil aku dengan nama itu.

      Delete
  8. Masih untung bukan Depina (😁 karena orang Sunda ga bisa melafalkan f atau v "katanya"..joke)

    Hemm..saya sampe sekarang masih bermasalah..hahaha nama belakang aslinya pake y, ditulis pake i, kadang ditulis pake i dan y juga..hasilnya tambah ruwet..

    πŸ˜‚πŸ˜‚ ijasah dan ktp berbeda..

    Pasrah...pernah minta dibetulin, bukan tambah bener malah tambah salah..jadi bodo amir dah 🀣🀣🀣

    daripada minta dibetulin tambah salah..🀣🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas.... aku emang di panggil Depina sama temen-temen deket hhha.. Bahkan sama keluarga pun kadang singkat nama aku jadi Depi. Emang lidah orang sunda kayanyaa πŸ˜‚ Sampai sepupu pun manggil aku dengan sebutan Depi. Ga ada yang manggil devi atau devina. Cuma suami aja yang kalo singkat manggil aku dengan sebutan "Dev".

      Waduhhh... pake i dan y malah makin beda nama yaa mas. Wahh.. kalau surat-surat beda nama gitu apa ga ribet nantinya mas kalau ada urusan dengan KTP atau Ijasah?

      Kadang uda di kita tulisin pun orang masih bisa salah saat di tulis sama mereka. Emang repot deh jadinyaaa.

      Delete
  9. cukup sering juga aku alami mbak
    namaku ainun isnaeni, tapi kalau ditanya orang dan orangnya malah mengira ainun isnaini. beda huruf ya jelas beda sama akta hahaha
    kalau untuk hal hal yang bukan surat penting, kadang aku cuekin atau paling simple sebut nama depan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walahh... beda satu huruf tetap aja beda jadinya. Iyaa.. kadang aku pun kalau bukan surat penting, yaudahlah pasrah nama belakang aku di tulis Ganesia. Daripada minta benerin bikin repot dan belum tentu langsung bener.

      Delete
  10. Mbak Devina, ini related banget sama akuuuπŸ˜‚. Dulu namaku pernah salah di paspor. Yang harusnya nama tengahku Alfiya malah jadi Aldiya, pernah juga Albiya tapi aku lupa itu pas ngapain hahaha. Alvia, Alfya, Alfia, huuuh....

    Di rapor sekolahku, guruku menuliskan nama Jezibel jadi Jazibel. Yang paling sering tuuhh Jesibel. Sampai udah capek aku kalau ada yang salah nulis namaku, udah kubiarin aja🀣

    Tapi ada keuntungannya punya nama yang suka susah dieja. Tandanya nama kita masih unik Mbak, nggak pasaranπŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh namanya bisa jadi macem-macem yaa 😁

      Jadi kamu itu di panggil dengan nama apa?

      Iyaa setuju namanya ga pasaran. Kalo ga penting-penting amat yaudalah terima nasib kalo salah ditulis. Abis mau benerin bisa bikin repot πŸ˜…

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.