New Normal: Sudahkah Kamu Merawat Kulitmu?








27 Juni 2020, hari ini berkesempatan untuk mengikuti salah satu acara yang baru pertama kali diadakan di Indonesia. "The First Digital Health Conference." Acara ini diselenggarakan oleh WethehealthJovee, dan Lifepack. Nah, jujur saya pun baru mengenal Jovee dan Lifepack dari acara ini. Sederhananya, Jovee menyediakan vitamin dan supplemen yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Melalui aplikasinya, nanti kita akan di pandu untuk menentukan vitamin dan supplemen apa saja yang di butuhkan oleh tubuh. Sedangkan Lifepack adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk membeli resep obat dengan praktis dan aman.

Nah, hari ini mulai dari jam 09.00-17.00, ada beragam topik seputar kesehatan yang dibahas oleh para ahli. Saya sendiri mengikuti sesi jam 13.00 yang dibawakan oleh dr. Listya Paramita, Sp.KK. Dokter yang biasa di panggil dr. Mita membahas mengenai "Tips Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam." Wah.. menarik sekali topik ini, apalagi mulai masa New Normal, membuat kita perlu adaptasi lagi dengan lingkungan. Adanya Work From Home yang dilakukan beberapa bulan lalu, membuat pola keseharian menjadi berubah. Contohnya, kita akan lebih sering berhadapan dengan layar komputer atau layar laptop. Adanya radiasi dari layar juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Selain itu, pola makan yang berubah juga membawa pengaruh besar dalam kesehatan kulit.

Sebut saja sekarang banyak sekali yang menjual beragam makanan dan minuman. Bahkan sekarang ada minuman yang di kemas dalam ukuran satu liter. Bayangkan, biasanya minum segelas, adanya ukuran satu liter membuat kita bisa menyimpannya di kulkas. Otomatis keinginan untuk minum akan terus menerus. Padahal ini menjadi salah satu penyebab yang bisa membahayakan kulit kita loh. Bukan cuma itu, penggunaan masker yang hampir tiap hari (khususnya bagi yang masih keluar rumah untuk bekerja dan beraktivitas lainnya), ini bisa memicu jerawat. Duhh.. seram sekali kan.

Foto diriku saat sedang mengikuti acara ini :')
Apa sih yang di bahas dalam topik ini?

Ini menarik sekali dan tentu tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Bagi kita seorang perempuan, tentu kondisi kulit muka menjadi hal penting untuk diperhatikan. Ternyata kulit muka bukan sekedar di pengaruhi oleh skincare apa saja yang digunakan, namun pengaruh lifestyle itu juga termasuk loh. Mengikuti topik ini membuat saya menyadari bahwa kebiasaan baru dimasa new normal ini juga mempengaruhi kondisi kulit tangan. Ya.. bukan hanya sekedar kulit muka, namun juga kulit tangan. Hayo.. siapa teman-teman pembaca yang kulit tangannya menjadi kering karena sering pakai handsanitizer atau cuci tangan? Kulit tanganku agak kering dan bisa mengelupas. Tidak nyaman sekali karena serasa kasar. Disini dr. Mita memberikan informasi agar kita bisa menjaga kulit tangan. Bagi kalian yang bisa menjangkau keran air dan sabun cuci tangan, sebaiknya melakukan cuci tangan daripada menggunakan handsanitizer. Karena lebih baik mencuci tangan sesuai enam langkah cuci tangan yang benar dalam durasi 20-30 detik, untuk memastikan kuman-kuman mati. Sedangkan jika menggunakan handsanitizer, mayoritas menggunakan alkohol lebihd ari 60%, nah ini bisa menyebabkan kulit kering. Khususnya bagi kalian yang memiliki kulit sensitif.

Tips yang dibagikan adalah perlu untuk kita menggunakan pelembab tangan. Berkaitan dengan kulit muka, kita perlu juga untuk menggunakan sunblock. Penggunaan sehari-hari, dr. Mita mengatakan cukup menggunakan yang SPF 30. Bukan sekedar produk apa yang akan digunakan untuk kulit kita, ternyata asupan makanan juga perlu diperhatikan. Jika suka makan gorengan dan yang manis, tentu bisa memicu kulit kusam bahkan jerawatan. Jadi perlu diimbangi dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Tentunya minum air putih sebanyak dua liter juga perlu dilakukan. Pola tidur juga perlu dijaga loh. Kurangin begadang dan cukupkan tidur selama delapan jam. Oh.. ya.. jangan lupa untuk olahraga. Karena bisa bikin kita menjadi bugar.

Memasuki masa new normal membuat kita perlu beradaptasi dengan keadaan. Tetap makan makanan bergizi dan jaga kesehatan mental. Caranya adalah hindari stres dan membaca berita secukupnya.
Stay Safe and Stay Healthy!

2 comments

  1. betul banget tuh ya, saya jarang keluar rumah, kemaren keluar cuman beberapa jam, karena parno pakai masker mulu, sampai rumah besoknya jerawatan dong.
    Mungkin memang kudu sering ganti ya, meski cuman sebentar jangan lupa bawa masker ganti.

    Sama minuman tuh, kalau saya lagi keranjingan bikin kopi sachet gitu dikasih es sama susu, makanya kulitnya sering jerawatan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Rey, salam kenal!

      Nah iya kadang ga sadar kalo kita malah konsumsi makanan dan minuman pemicu jerawat. Harus ingat sering minum air putih mbak hhhe.

      Iya masker harus sering di ganti, walaupun keluar sebentar.

      Stay safe and stay healthy mbak!

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.