Hari Anak Nasional - Yuk, Donasikan Ponsel Bekasmu!






23 Juli merupakan Hari Anak Nasional (HAN). Tentu HAN tahun ini menjadi berbeda di bandingkan tahun sebelumnya. Perubahan yang terjadi efek pandemi, membuat anak-anak menjadi terbatas dalam beraktivitas, seperti sekolah dan bermain. Tahun ini juga menjadi perubahan baru dalam dunia pendidikan, khususnya pengajaran dan pembelajaran. Melihat bahwa keputusan untuk tetap diberlakukan pembelajaran sekolan, namun melalui online, membuat masalah baru yang pelik.

Kegiatan proses belajar dan mengajar yang sebagian besar dilakukan secara online tentu memerlukan perangkatnya. Namun, tidak semua anak-anak dapat difasilitasi ponsel atau laptop oleh orangtua mereka. Masih adanya yang terkendala biaya untuk bisa membeli ponsel atau laptop. Melihat bahwa perubahan kegiatan belajar menjadi online, membuat munculnya suatu gerakan sosial. Wartawan Lintas Media membuka donasi ponsel bekas yang masih berfungsi dan bisa digunakan. Tujuannya untuk didistribusikan kepada anak-anak yang memang membutuhkan, khususnya dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Jika kalian memiliki ponsel bekas namun layak pakai, mari donasikan untuk anak-anak. Jika tidak ada charger atau headset, nanti akan difasilitasi oleh Wartawan Lintas Media. Sehingga, tidak masalah jika kalian hanya mengirimkan ponsel saja. 

Saya kemarin mengirimkan ponsel bekas, namun tidak ada charger. Mereka tetap menerimanya, asal kondisi ponsel kita masih layak pakai. Informasikan saja semua seputar ponsel kita, seperti kondisi baterai, kondisi layar ponsel, dll. Mereka juga membuka donasi dalam bentuk dana. Jadi, teman-teman yang ingin berdonasi namun tidak memiliki ponsel bekas, bisa melakukan donasi dalam bentuk dana. Donasi dana ini bertujuan untuk membeli simcard dan kuota, serta aksesoris lainnya yang di butuhkan (seperti charger atau headset). Teman-teman dapat melihat informasi lebih lanjut di Wartawan Lintas Media dan menghubungi contact person yang tertera.  Selain membuka donasi dalam bentuk barang dan dana, Wartawan Lintas Media juga membutuhkan relawan yang bertugas untuk membantu anak-anak dalam menggunakan ponsel dan belajar selama di rumah. Relawan ini seperti kakak asuh bagi anak-anak penerima donasi ponsel tersebut. Pengiriman ponsel bisa di lakukan melalui jasa ekspedisi ataupun grabsend/gosend. Selengkapnya bisa hubungi contact person-nya ya. 

Mari kita bantu anak-anak yang kesulitan mengakses kegiatan belajarnya. Memang kondisi ini cukup menyulitkan berbagai pihak. Namun, entah sampai kapan keadaan belum membaik, maka kita perlu untuk tetap beradaptasi atas perubahan yang ada. Meskipun kondisi semakin sulit, namun anak-anak tetap perlu belajar dan sekolah. Maka, kita bantu agar mereka bisa seperti anak-anak lain yang memiliki fasilitas untuk sekolah online.

Selamat Hari Anak Nasional!


Sumber Gambar: Canva, edit by me.

No comments

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.