Rambut Rontok Parah, Aku harus Bagaimana?

 

Halo..halo.. akhirnya saya kembali lagi menulis disini. Minggu ini cukup padat karena awal bulan dan ada tugas dadakan, sehingga fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Alhasil dari awal minggu belum bisa menghasilkan tulisan satupun. Sungguh saya kangen menulis dan juga membaca hasil tulisan teman-teman. Akhirnya hari ini bisa untuk melakukan hal tersebut.

Belakangan ini saya sedang punya masalah khususnya pada rambut. Pada dasarnya memang punya rambut yang terbilang tebal dan agak panjang. Akhirnya beberapa minggu lalu, memberanikan diri untuk ke salon dan potong rambut. Sebab, rambut semakin panjang, tebal, serta rontok parah. Sebetulnya dari dulu memang punya riwayat rambut rontok. Namun, akhir-akhir ini sungguhlah parah. Benar-benar bisa segenggam helaian rambut rontok. Tersadar dua hari lalu pas ngaca dan melihat rambut di sekitar kening, kok makin tipis dan terlihat agak botak ya 😭 Sungguh shock berat karena benar-benar baru sadar. Selama ini merasa kalau rambut masih tebal, meskipun banyak rontok.

Sampai sih koko merasa takut lihat helaian rambut rontok di lantai, saking super banyaknya. Saya mulai peduli dan coba ini itu untuk mengatasinya. Mulai dengan ganti shampoo jadi anti rontok, menggunakan vitamin rambut, sampai hair tonic. Ternyata masih belum ada perubahan. Semakin bingung dan sedih karena rambut rontok tidak berhenti juga. Ada yang bilang memang masalah hormon, karena perubahan hormon sehabis melahirkan. Ada yang bilang kekurangan vitamin D dan zinc. Ada yang menyarankan menggunakan minyak zaitun ke kepala dan di diamkan semalam, lalu besok pagi di bilas. Ada juga yang bilang menggunakan argan oil.

Huaaah... saya menjadi bingung. Sejujurnya mulai menyadari bisa saja ini memang karena metabolisme sedang tidak baik. Bisa juga kekurangan vitamin atau masalah hormon. Karena katanya tidak boleh stres agar rambut tidak rontok. Alhasil mau mencoba untuk mengatasinya dari dalam. Mencoba untuk mengubah pola makan, pola tidur, dan olahraga. Bertujuan untuk mengatasi perubahan hormon. Akhirnya mulai rutin olahraga, seperti yoga dan jalan kaki. Kalau jalan kaki sekalian berjemur jadi dapat vitamin D.

Perihal minyak-minyak masih belum mencoba karena mau cari tahu dulu khususnya testimoni orang-orang yang pernah melakukan dan merasakan perubahan. Lantas teman-teman, adakah saran dan produk yang bisa membantu saya untuk mengatasi kerontokan rambut? Minimal berkurang rontoknya bukan yang bikin sama sekali tidak rontok. Terimakasih untuk teman-teman yang memberikan sarannya di kolom komentar πŸ™


Cover: Canva, edit by me



18 comments

  1. Duh, sabar ya kak. Sebenernya ini juga masalah aku banget. Apalagi sejak menyusui, rontoknya parah, udah rambut tipis makin tipislah, hihi..

    Akhirnya aku nemu solusi, pake lidah buaya, awal make sih 3 hari sekali, tapi setelah ngerasain perubahannya kurang lebih 3 minggu, aku kurangi pemakaian jadi 1 kali seminggu. Sampe aku nanem loh depan rumah, wkwk..

    Semoga bisa membantu ya kak, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nihh Kak banyak yang bilang pakai lidah buaya. Karena aku ga punya yang asli, aku adanya lidah buaya yang produk korea kaya nature republic. Jadilah aku coba pake itu dulu. Sedihnya pas ngaca kok bagian kening mulai menipis ya, apalagi pas pake bando. Makin keliataaan 😭

      Makasih infonyaa yaaa kaaak..

      Delete
  2. ah sama banget nih, aku sampe sekarang masih aja lho rontok parah rambutnya. dari menyusui sampai skr anak sudah disapih masih rontok xD udah gonta-ganti shampoo anti rontok sampe pakai shampoo dan serum erha udah dicoba. paling ya sekarang tinggal sering sisiran aja dan tidak menyisir saat rambut basah. pakai sisir yang jarang-jarang gitu. kalo minyak rambutnya kadang aku pakai minyak kelapa sangrai/ minyak kemiri atau minyak urang-aring.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... kakak pakai erha juga yaa? Temen aku ada yang saranin itu juga. Cuma aku baru tahu sih, aku pikir erha cuma buat kecantikan muka aja hhhee..
      Ada yang bilang pake argan oil juga kaak. Iya sih minyak urang aring juga bisa, dulu masih kecil aku dikasih itu makanya rambut lebat tebal dan hitam.

      Makasih infonyaa yaaa kaak..

      Delete
  3. Rambut rontok aku pun mengalaminya dari lama Kak, huhuhu ... sampai sekarang pun sama belum dapat solusinya. Dari yang aku baca bisa diatasi dengan bahan alami Kak, cuma perlu ketelatenan banget yang belum bisa aku lakuin hihi, misalnya pakai minyak vco, zaitun, lidah buaya, yoghurt.
    Kalau meminimalisirnya saat selesai keramas jangan di kucek2 keringinnya, tapi diusap tepuk-tepuk pakai handuknya Kak, sisiran jangan saat masih basah, nggak sering pakai pengering rambut atau alat apapun yang bikin rambut jadi stress, cukup dikipas2 aja kalau mau bantu cepet ngeringin.
    Paling itu Kak sedikit tips dari aku, hihi yang akunya juga belum bisa konsisten melakukannya, semoga membantu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... info baru lagi nih pake yoghurt. Aku baru tahu lohhh kaaakk.. Kalo minyak vco, zaitun, dan lidah buaya uda pernah denger.

      Iyaa.. aku kayanya keseringan keringin pake hair dryer jugaa sihh. Makanya mulai kemarenan sudah ga pake lagi. Kalau sisiran, aku emang anaknya jarang sisiran kaak 🀣 uda lama banget ga pernah sisiran karena makin kesel liat rontoknya.

      Sipp.. sipp, makasih infonyaa yaaa

      Delete
  4. Dulu rambutku juga tebel mba. Dan mukai rontok parah pas beberapa bulan abis lahiran anak kedua. Memang sih aku banyak denger kalo abis lahiran udh pasti rontok Krn hormon tadi. Masalahnya udh lama sejak lahiran, rambutku ttp aja rontok, yg aku pikir ini bukan masalah hormon LG kalo udh terlalu lama. Pas anak pertama, rontoknya brbrpa bulan doang soalnya.

    Banyak sih shampo sampe suplemen rambut yg aku coba. Juga oil-oil rambut. Skr ini agak ada perubahan, ga terlalu rontok , berkurang lah intinya.

    Aku pake Cemceman oil dari mustika ratu sebelum keramas. Biasanya diemin bbrp jam sih. Trus baru deh Keramas. Shampoo skr aku ganti oke Grafen walo belinya agak nunggu lama Krn dr Korea. So far berkurang sih rontokku. Aku blm nemu kalo tonic rambut yg cocok. Kmrn pake Natur ga cocok juga :(. Jd semnetara blm pake tonic dulu mba.

    Cm memang yg begini cocok2an sih yaaa. Di aku sesuai, belum tentu orang lain cocok . Kalo suplemen dari dalam, aku rutin minum suplemen kulit yg memang ada efek ke rambut dan kuku juga. Ag Factor. Bukan endorse yaa, aku memang pake ini udah sejak lama soalnya. Tp kurasa manfaatnya LBH banyak ke kulit sih. tapi setidaknya berharap ngasih efek sedikit utk rambut dan kuku ku kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen aku ada juga yang pake Grafen mbaak... Wah.. hits jugaa yaaa. Aku selama ini belum pernah pake produk shampoo dari luar sihh. Iyaa emang kalau ini cocok-cocokan. Makanya pas dikasih saran teman pake shampoo ini dan itu, aku jadi bingung mau coba yang mana πŸ˜‚

      Nah, aku lagi pertimbangin buat minum suplemen sih mbak. Karena merasa mungkin emang faktor kurangnya vitamin tubuh jugaa.

      Makasih infonya yaa mbaaak

      Delete
  5. Saya juga punya masalah kerontokan rambut nih...

    Pakai hair tonic kok malah tambah rontok. Sekarang ini akhirnya disiasati dengan keramas tiap hari atau paling jarang dua hari sekali (lebih dari itu tambah parah rontoknya), sama pakai Ellips vitamin rambut. Jadi sedikit berkurang, cuma masih tetap rontok.

    IMO, rambut panjang juga punya potensi lebih gampang rontok sih. Karena kalau rambut saya pendek, rontoknya juga jadi berkurang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaaak, aku uda potong rambut, sekarang panjangnya lebih dikit dari bahu. Mau lebih pendek atau diatas bahu, aku masih kurang PD huhuhu...
      Nah aku juga anaknya yang keramas tiap hari. Sehari pasti sekali keramas, biasanya sore atau malam. Kalau ga keramas, berasa gerah. Apalagi kalau dari kantor, wajib deh kudu keramas sore-sore. Mungkin emang perlu kurangin keramas jadi dua hari sekali nih.

      Makasih infonyaa kaakk...

      Delete
  6. Pakai Grafen mba, coba ceki-ceki dulu review-nya siapa tau cocok sama mba Devina 😁 semoga cepat berkurang ya mba kerontokannya. Yang namanya rambut rontok memang buat stres kadang. Padahal tadinya nggak stres tapi lama-lama bisa stres betulan kalau rontoknya sampai segenggam 🀧

    Get well soon rambutnya mba Devina πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa ampuun mbak eno, dirimu sama dengan mbak fanny. Mbak fanny juga rekomendasiin itu. Temen aku juga ada yang rekomendasiin itu. Kayanya emang produk oke punya yaa, banyak yang coba dan cocok.

      Iyaa bener bener mbaak.. sedih liat ke lantai banyak rambut rontoknyaaa. Sampe suamiku ngeri liat rambutku rontok mulu huhuhu..

      Makasih yaa mbaak enooo...

      Delete
  7. Ci Devina, coba keramasnya 2 hari/sekali saja, dan sehabis keramas jangan langsung sisiran, tunggu kering dulu baru sisiran. Betul juga kata kak Hicha, kalau rambut pendek, rontoknya juga berkurang :)
    Oiya, udah pernah coba pakai Hair tonic Mylea? Itu membantu mengurangi kerontokan buat aku, ci :D
    Semoga ci Devina bisa segera menemukan solusinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ni liaaa, aku kayanya perlu ubah durasi keramas. Selama ini selalu sehari sekali. Makanya mungkin jadi makin parah karena sering kena shampo dan keringin pake hair dryer.

      Aku belum pernah coba liaaa. Next aku cari reviewnya deehh. Makasih yaaa liiii

      Delete
  8. saya juga rambutnya skrng mulai rontok, padahal dulu lebat banget. setelah search sana sini ternyata faktor utama karena stres alhasil saya coba merehabilitas diri dulu karena dampaknya kerasa banget, ya selain rambut rontok buat naikin berat badang aja susah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kak ada yg bilang karena faktor stres. Emang harus happy aja yaaa biar ga bikin rambutnya rontok πŸ˜‚

      Waahh.. disaat orang2 mah nurunin berat badan, kakak malah mau naikin. Semangaaat yaa. Semoga bisa capai target yang diinginkan.

      Delete
  9. problem aku sampe sekarang sama mbak, rontok rontok dan rontok
    hampir semua brand bagus aku beli produknya, maksudnya biar bisa nentuin nanti yang cocok punya siapa, tapi dari sekian banyak brand yang aku beli, hasilnya kok masih sama aja
    sampe bingung gimana caranya biar ga rontok, kan malu kalo ada botak nya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Ainun. Makasih sudah mampir kesini. Pas banget kemarin aku baru baca tulisan kakak tentang kak eno loh. Ehh tau-tau lihat kakak komen di tulisan aku πŸ˜‚

      Iyaaa sedihh kak, aku juga mulai menipis rambut di kening sampai terlihat agak botak 😭

      Sekarang aku lagi coba pakai shampoo dan conditioner Loreal yg buat Hair Loss. Trus kurangin pakai hair dryer buat keringin rambut. Sama baru coba pake argan oil di diemin beberapa jam ke rambut. Lalu bilas.

      Sejauh ini berasa agak berkurang rontoknya ketika ga pake hair dryer. Masih rontok sih, cuma ga seserem kalo habis pake hair dryer. Kebetulan punya aku masih yg ngeluarin udara panas. Katanya ga bagus buat rambut kan.

      Semoga kakak bisa nemuin produk yg cocok yaaa

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.