Mother's Day

 


Mother's Day - Devina Genesia


22 Desember tepat hari ini diperingati sebagai Hari Ibu. Selamat Hari Ibu untuk semua Ibu-Ibu hebat yang ada di dunia!😊 Terkhusus teman-teman Blogger yang sudah menjadi Ibu atau akan menjadi Ibu, kalian tetaplah perempuan dan ibu yang hebat! Seperti yang sudah sering didengarkan bahwa tahun ini sungguh berbeda. Tetapi peringatan Hari Ibu tetaplah ada. Mungkin ada yang yang mengalami dengan cara berbeda, contohnya saya merayakan Hari Ibu dengan kehilangan. Seharusnya ada Alm. Baby E bersama kami dalam merayakan Hari Ibu tahun ini. Nyatanya walaupun kami terpisah, tetaplah Alm. Baby E ada dan merayakan bersama kami. Bagaimanapun saya tetaplah seorang ibu dengan satu putri. 

Saat tadi saya bilang ke Si Koko kalau hari ini adalah Hari Ibu, langsung dia mengucapkan Selamat Hari Ibu. Bukan bermaksud untuk memberikan kode agar dia mengucapkan kepada saya 🀣 Namun, saat mendengarnya langsung tersadar kalau "Iya ya, gw kan uda jadi ibu." Jujur kadang suka lupa bahwa saya ini adalah seorang ibu. Entah kenapa masih terpikirkan bahwa kami masih berdua, walaupun sebetulnya sudah bertiga. Jika kepikiran begitu, langsung merasa bersama sama Alm. Baby E. Saya pun minta maaf karena melupakan peran saya yang sudah menjadi seorang ibu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya dan Si Dede memang bukan anak yang suka memberikan ucapan pada perayaan tertentu. Biasanya kami memberikan ucapan untuk ulang tahun saja. Jadi, tiap perayaan Hari Ibu, kami berdua tidak pernah mengucapkan Selamat Hari Ibu untuk Mama. Bulan lalu saya memesan treatment Henna Brow. Rencananya memang untuk Mama dan Si Dede. Mereka melihat saya mengubah penampilan pada alis, lantas ingin mencobanya. Saya pun melakukan pemesanan untuk treatment tersebut di Lovebeau. Tempat ini juga yang saya pilih untuk melakukan treatment alis dan eyelash extention. Nah, karena Si Dede masih kuliah online dan Mama saya buka toko, jadilah jadwal tidak bisa ditetapkan saat itu juga. Alhasil setelah penundaan beberapa minggu, sampailah minggu lalu saya booking untuk hari ini. Hari ini saya menjadwalkan Mama dan Si Dede untuk melakukan treatment tersebut. Sebetulnya saya ingin mereka juga merasakan kebahagiaan setelah melakukan perubahan penampilan. Sebab, benar-benar memberikan energi baru pada diri saya. Saya pun berharap mereka merasakan itu juga.

Lantas saya tersadar bahwa hari ini adalah Hari Ibu. Tanpa saya sadari momen tersebut menjadi kado untuk Mama dalam rangka perayaan Hari Ibu. Meskipun saya dan Si Dede tidak pernah mengucapkan lisan, namun apa yang di lakukan saat ini bisa memberikan rasa bahagia pada diri Mama. Sebab tanpa disadarinya, ada kado yang sudah diberikan tepat pada Hari Ibu. Sejujurnya saya juga belum tahu bagaimana hasil treatment yang mereka lakukan. Semoga hasilnya cocok dengan wajah mereka dan bikin bahagia. Namun, Hari Ibu bisa di rayakan dengan berbagai cara. Saya sadar karena tidak pernah mengucapkan lisan, saat akan mencobanya tentu menjadi kikuk. Alhasil, saya coba ubah menjadi memberikan kado. Walaupun mungkin Mama tidak sadar atau ingat bahwa hari ini adalah Hari Ibu.

Sebetulnya hubungan saya dan Mama bukan yang dekat sampai sering curhat. Kami dekat, tetapi sama-sama sulit untuk mengungkapkan perasaan masing-masing. Saya pun termasuk jarang curhat sama Mama. Bahkan terkesan mandiri dan cuek. Berbeda dengan Si Dede yang jika ada sesuatu langsung cerita ke Mama. Mungkin karena ada beberapa sifat saya dan Mama yang mirip, jadi ketika berbicara nanti bisa saling berdebat. Nah, kalau jadinya malah berdebat tentu tidak menyenangkan. Makanya cara lain untuk menyiasatinya adalah memberikan action. Terpenting bukan sekedar ucapan lisan saja, namun makna yang ada di dalamnya. Jika mengucapkan lisan namun tidak tulus, tentu sama saja dengan berbohong.

Semoga Hari Ibu tahun ini memberikan warna baru pada hidup kalian. Tentunya dengan proses adaptasi akibat adanya pandemi saat ini. Selamat Hari Ibu, semuanya.


Cover : Canva


Devina Genesia


8 comments

  1. 3 tahun ini aku gak bisa ngucapin, cuma bisa berdoa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaat Kak, terpenting selalu berdoa untuk ibu yaa Kak πŸ˜€

      Delete
  2. Happy Mother's Day, Devina sayaaang πŸ€— you're one of most brave and strongest mom that I ever know *pelukkk*

    Tentang hubungan dengan mama, aku pun dulu punya hubungan yang membingungkan dengan mama. Bukannya nggak akrab atau sering berantem, justru karena kepribadian kami serupa, jadinya kadang suka bentrok kalau ngomong sesuatu. Sampai akhirnya punya kesempatan untuk bonding dengan mama saat kami tinggal di Bali, hubungan kami pun membaik sampai hari ini. Setujuu, yang penting itu aksi dibanding sekadar ucapan, ya. Semoga kamu dan mama juga selalu bahagia yaa (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy Mother's Day Ci Jane!

      Amin.. makasih atas supportnya yaaa ci πŸ€—

      Aku pun suka begitu sama mama. Karena ada beberapa hal yang setipe, jadi bisa berdebat untuk hal-hal sepele. Cuma yaa tetap ujung-ujungnya baikan juga hhha..

      Amin.. semoga Ci Jane dan mama juga sehat selalu yaaa..

      Delete
  3. Happy mother's day untuk Ci Devina πŸ€— warm hug for you πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    Kalau aku, kebalikan dari Cici, aku cukul dekat dengan mamaku, suka tukar cerita tentang kejadian-kejadian tertentu. Kadang mamaku yang tanya, kadang aku yang bercerita sendiri, demikian juga mamaku hahahaha.
    Tapi mau bagaimanapun cara komunikasinya, yang terpenting adalah tetap sayang mama selalu πŸ€­πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihhh Liaaa πŸ€—

      Wahh seru tuhh jadi saling terbuka satu sama lain yaa. Betul banget Li, cara komunikasi bisa beragam yang penting tetap sayang satu sama lain hhhe...

      Delete
  4. aku juga terkesan cuek dan mandiri mbak, beda dengan adikku
    sampe ibuku meninggal sepertinya aku nggak pernah mengucapkan hari ibu

    dalam hati terdalam tentu saja aku sayang ibuku, mungkin karena dari kecil aku ikut bapak ketika mereka divorce ya.
    baidewei, semoga kita semua diberi kebahagiaan di hari apapun ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk rasa sayang bisa macem-macem Mba.. Ga harus selalu kata-kata hhhe..

      Yes.. semoga juga selalu sehat yaaa Mbaa..

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.