End of My Twenties

 


Hari ini,  25 Juli 2023 menjadi hari terakhir saya berusia 20an. Iyaa, besok saya sudah memasuki usia baru dan berganti menjadi kepala tiga. Omaigaatt... Rasanya belum siap memasuki usian 30an yang katanya lebih dewasa, lebih rumit, lebih menantang, dsb. Usia 30an menjadi awal baru memasuki tahapan hidup yang seharusnya menjadi lebih dewasa. Apalagi berubahnya usia ini menjadi penanda untuk bisa memasuki babak baru kehidupan yang semoga menjadi lebih baik. Di usia 20an ini bisa dibilang banyak kejutan yang terjadi. Mulai dari kuliah S1, lulus kuliah dan pertama kali kerja serta menghasilkan uang sendiri, lanjut kuliah S2, menikah, hamil dan melahirkan, kehilangan anak karena meninggal dunia, keguguran di kehamilan kedua, sampai merasakan pandemi karena adanya Covid-19. Bisa di bilang hampir 10 tahun ini terlalu nano-nano untuk dijalani dan dirasakan.

Namun, ada kejutan-kejutan tak terduga lainnya yang bisa dirasakan dan dialami. Mulai dari pertama kali keluar negeri, pertama kali liburan dengan cara road trip, pertama kali nonton konser penyanyi barat (MLTR), pertama kali nonton konser idol Korea (Blackpink), pertama kali mencoba belajar bahasa baru yang diingikan bukan karena tuntutan dari sekolah, sampai bisa liburan ke Eropa. Bisa dibilang ini semua kejutan-kejutan yang dulu hanya cuma sekedar "keinginan" namun belum bisa terwujud. Apalagi liburan ke Eropa ini sungguh diluar dugaan. Tidak pernah menyangka bahwa tahun ini bisa liburan ke Eropa dengan proses yang terbilang cepat. Mulai dari nyari paket tour sampai pengurusan visa. Sempat khawatir visa tidak keluar, nyatanya H-2 keberangkatan visa tersebut akhirnya rilis. Liburan yang bikin deg-degan takut batal karena visa, nyatanya semua proses dimudahkan oleh Tuhan.

Di usia 20an ini khususnya sejak tahun lalu, semakin medekatkan diri kepada Tuhan. Berusaha untuk semakin rajin berdoa dan beribadah. Serta bersyukur atas semua yang terjadi dan dirasakan. Merasa bahwa semua ini jauh diluar kuasa saya dan juga tidak pernah terbayangkan akan menjalani ini semua. Besok, memasuki babak baru lagi dalam kehidupan. Pertambahan usia kali ini menyadarkan saya bahwa diri ini perlu semakin bijak dan dewasa. Perlu untuk semakin bahagia dan mengurangi hal-hal yang membuat stres. Perlu berada di sekitar orang-orang yang memberikan efek positif dalam diri. Perlu untuk semakin memeluk dan mencitai diri sendiri.

Di hari ini mau mengucapkan dan memeluk diri sendiri karena sudah bertahan selama 29 tahun kehidupan ini. Menjalani setiap hari demi hari walaupun ada masa yang berat. Berusaha untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba melakukan hal-hal baru. Berusaha untuk mau bertemu dengan orang baru. Diri ini juga mampu berdiri tegak ketika hari itu terasa berart.

Good job Dev 😊 Goodbye 20s






4 comments

  1. Usia itu hanya angka... ;-D just enjoy your journey and you will be always young forever...

    HBD and wish you all the best ya Dev

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... makasihh maaas. Yaa ampun ke skip aku tuh sama komen Mas Anton..

      Yg terbaik juga yaa selalu menyertai Mas Anton 😁

      Delete
  2. Aaahhhhh, kadang aku kangen masa2 di usia 20an 🤣🤭. Ohh kamu cancer ya Dev zodiaknya. 😄. Akhir 20s itu aku baru nikah Ama Raka.. karir juga blm bagus2 amat. Tapi memang bener kata orang nikah itu bawa rezeki 🤭.setelah nikah baru deh membaik semuanya.

    Nikmatin masa2 30s yaaa. Ntr beda lagi kalo udh masuk 40s kayak aku hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zodiak aku Leo mbaa hhha. Iyaa niih 20an tuuh menarik bangeet dan serasa berkembang di tiap tahunnya. Semoga di 30s inii jugaa begituuu berkembang dan bertambah hal baiknyaa. Pastii mbaa mau nikmatin banget masa-masa inii. Seperti kata mba, mau travelling kemana-mana dehh hhha. Makanya lagi rajin menabung nihh biar ga cuma jadi wacana.

      Semangaat mbaa memasuki 40s semogaa selalu dilewati dengan bahagia dan makin banyak rezekinyaaa.

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.