Pengalaman Beli Domain di DomaiNesia






27 Juli 2020 - Perdana update tulisan yang akan di post di blog dengan domain baru..

Yes.. saya baru beli domain sendiri melalui DomaiNesia. Jujur, proses belinya baru berlangsung beberapa menit yang lalu. Iya.. belum sampai satu jam. Proses yang terlampau cepat, namun saya tidak menyesal telah melakukannya. Sebahagia itu akhirnya bisa punya blog dengan domain nama sendiri. Tanpa ada embel-embel blogspot di belakangnya. Tahun 2020 ini menjadi awal mulai blog saya "terlahir kembali." Karena memang blog ini sempat mati suri, akibat saya jarang post bahkan di cek saja juga tidak. Akhir tahun kemarin mencoba untuk aktif kembali. Tahun 2018 bulan Februari adalah pertama kalinya blog ini launching. Tulisan perdana saya pun di post tanggal 6 Februari 2018. Tulisan berjudul Acakadut ini menjadi awal mula saya menulis di media blog. Bahkan waktu itu saja masih bingung mau nulis apa dan belum tahu kenapa beralih menulis di blog.

Sampai saat ini memang belum menemukan tujuan valid, namun mulai merasa nyaman untuk menulis di blog. Menemukan "rumah" yang tidak akan menghujat atau menjadi toxic untuk diri saya sendiri. Sebab, media sosial lain mulai menemukan titik kejenuhan dan merasakan toxic ketika membukanya. Blog menjadi media aman yang membuat saya betah dan nyaman.

Oke.. sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan berbagi pengalaman yang baru saja terjadi. Fresh sekali loh ini...
Akhirnya memutuskan untuk membeli domain di DomaiNesia. Sempat berdiskusi dengan Lia seputar masalah domain ini. Bagaimana proses beli dan pemasangan. Berapa biaya yang dibutuhkan. Alasan Lia memilih DomaiNesia sebagai tempat untuk membeli domain, dll. Kemudian bertemu dengan Kak Tri yang membahas seputar pengalaman dia membeli domain, juga melalui DomaiNesia. Sebetulnya menemukan tempat lain yang juga menyediakan Domain. Harga jelas beda-beda tipis. Tempat satu lagi yang juga di rekomendasikan adalah Niagahoster. Jujur harganya lebih murah 4ribu dibandingkan DomaiNesia. Iya... bedanya cukup tips sekali. Sebetulnya pun harga perpanjangan domain antara DomaiNesia dan Niagahoster juga beda-beda tipis. Cuma entah kenapa lebih sreg dengan DomaiNesia. Mungkin karena dari awal tahunya itu, jadi tidak mau berpindah ke lain tempat :p

Saat Kak Tri beli domain di DomaiNesia harga masih Rp 99.000,- sedangkan tadi saya beli sudah di harga Rp 129.000,- (belum termasuk PPN 10%). Selengkapnya bisa di cek di Harga DomaiNesia.
Masa berlaku untuk satu tahun, akan di perpanjang tahun berikutnya. Proses pembayaran juga cukup mudah dan cepat. Tadi saya melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening Bank BCA. DomaiNesia menawarkan beberapa rekening Bank untuk proses pembayaran. Ada juga pilihan melalui Virtual Account. Bahkan bisa membayar lewat Gopay, di Alfamart, dan di Indomaret juga loh. Wow keren.. Oh ya.. customer service-nya super responsif dan cepat sekali balas chat. Tadi saya ada chat melalui Whatsapp dan langsung di balas sampai masalah saya selesai. Super detail juga jelasinnya. Mengenai pemasangan domain di blog kita juga di berikan tutorial super lengkap dan jelas. Bisa di cek di sini.

Kenapa sih saya membeli domain?

1. Profesional

Ya, ini menampilkan kesan profesional. Sebagai bukti bahwa saya akan serius di blog ini. Maka, siap untuk membayar dan tentunya akan mempertahankan domain ini. Memang domainnya sederhana, hanya nama lengkap saya. Namun, ini menjadi bukti bahwa saya perlu untuk merawatnya agar blog ini tetap tampil. Sebab, sudah ada biaya yang saya keluarkan, maka ada progress yang perlu ditampilkan. Jujur dibalik kesan profesional, sempat tersirat bahwa merasa keren. Iya, keren sebab sudah tertulis nama lengkap saya tanpa embel-embel lainnya. Merasa eksklusif juga karena hanya saya yang punya domain ini :)

2. Lomba Blog

Saya tertarik untuk memperdalam dunia blogging. Maka, cara yang bisa saya lakukan adalah aktif menulis dan berusaha untuk mencapai tahap selanjutnya. Tersirat niat untuk mengikuti lomba blog. Sebagai ajang untuk mengetahui kemampuan diri dan mencoba untuk keluar dari zona nyaman. Menunjukkan bahwa saya mau untuk mencoba hal baru, di luar kebiasaan lama lainnya. Kembali ke poin nomor 1, bahwa dengan mengikuti lomba blog tentu dibutuhkan eksistensi. Salah satunya domain ini, menunjukkan jati diri kita secara profesional. Sebab, blog ini sebagai wadah yang menjalani lomba, merupakan blog pribadi yang resmi milik sendiri.

3. Reward

Domain ini menjadi apresiasi saya terhadap diri sendiri. Sebagai hadiah untuk diri sendiri atas usaha yang sudah dijalani selama ini. Tentu diikuti dengan rajinnya menulis. Blog menjadi wadah baru bagi saya untuk berkarya. Sesederhana curhat seperti ini, cerita bahwa hari ini saya membuat keputusan baru untuk diri sendiri. Semoga menjadi sarana juga yang menguntungkan, baik dari sisi relasi maupun menghasilkan uang. Semoga... Saat ini berfokus untuk menulis dulu sambil menata hal-hal yang masih perlu di dalami.

Next, apakah perlu beli tema juga? Agar sekalian satu paket komplit, yaitu domain baru dan tema baru?

Hmmmm... di tunggu saja waktunya yaaa.. :))



Gambar: Dokumentasi Pribadi




14 comments

  1. kapan2 pengen beli domain sendiri nih

    ReplyDelete
  2. Yay! Akhirnya ya ci rasanya seperti blognya terlahir kembali huahahah.
    Semoga semakin semangat ngeblognya ya! πŸ’ͺ🏻✨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liaaa, akhirnyaaa aku punya domain sendiri hhhaa.. Iyaa, makasih yaa liii!!

      Delete
  3. wah mba kebetulan tempat beli domainnya sama :D. Saya juga gitu sebenarnya udah liat-liat di temapat lain tapi kerena tau pertamanya disitu jadi saya balik lagi kesitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, tetap ya pandangan pertama tidak bisa terlewatkan. Ujung-ujungnya balik lagi ke pandangan pertama hhhhe

      Delete
  4. Kebetulan nih aku baru mau beli domain juga dan lagi mikir-mikir juga mau beli dimana... terima kasih sharingnya.. dapet pilihan lagi deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. Semoga dapat pencerahan dan bisa segera di beli yaa domainnyaaa :D

      Delete
  5. Halo kak salam kenal.. kalau hostingnya beli di domainesia juga sepaket atau dimana kak ? Makasih yaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal ☺️

      Aku cuma beli domain aja. Belum beli hosting hhhe..

      Delete
  6. dear kak devina,
    haiiii...ketemu disini kita, hehehe
    saya juga pengen nih jadiin artjoka ber-domain. tapi masih bimbang pilih domainesia atau niagahoster, binguuuung banget, hehehe. padahal udah bolak balik liat kedua web nya, tapi masih aja tetep bingung...

    tapi emang ya, kalo blog udah berdomain itu rasanya pasti keren, hihihi
    semangat menulis kak!!

    salam hangat
    eka artjoka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Eka πŸ™‹

      Makasih yaa udah mampir kesini hhhee.. Awalnya aku liat Domainesia dan pas cek ke Niagahoster harganya beda tipis, ya aku tetap balik ke Domainesia. Pandangan pertama soalnya mbak 🀣

      Iyaa mbaak, berasa bedaaa. Berasa "wah" gitu punya domain sendiri. Ayoo mbaak pertimbangkan lagi dan putuskan untuk berdomain 😊

      Delete
  7. Aku kepo tulisan ini, eh ternyata ada dapat BL gratis lagi dari Kakak, ahh terharuuuu. Aku merasa "racunin orang" buat beli domain di domainesia lho jadinya wkwk. Semangat domain baru πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhaa... Aku malah bersyukur ketemu postingan kakak. Jadi bikin makin yakin ambil keputusan beli domain di Domainesia.

      Makasih kaak, semangat juga untuk kakak 😊

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.