Cha Cha Slide


Cha Cha Slide


Memasuki weekend, tentu butuh kegiatan yang santai. Kali ini saya mau berbagi satu tarian singkat nan mudah agar kalian bisa coba. Cha - Cha Slide. Pertama kali saya mengetahui tarian Cha - Cha Slide dari senior saat awal masuk kuliah S1. Jadi di awal perkenalan mahasiswa baru (maba), fakultas saya punya satu tradisi. "Tradisi" ini yang membuat antar angkatan perlu untuk melakukan serta melestarikannya. Bahkan ada satu cara unik yang dilakukan ketika kita mendengar kata "tradisi". Ketika mendengar kata "tradisi", maka kita harus mengangkat kedua tangan ke atas, kemudian mengoyangkan kedua telapak tangan seakan memutar bolham lampu sambil berkata tradisi. Kebayang tidak ya teman-teman? 🤣 Nah, selama saya kuliah S1, kata "tradisi" dan "ritual unik" tesebut kita perlu lakukan. Hal ini turun temurun dan berlaku juga untuk adik-adik angkatan kami. Oh ya.. tiap angkatan punya jargonya masing-masing. Angkatan saya jargonya adalah Jago. Jadi ketika kami ada acara dan berkumpul antar angkatan saat disebut tahun angkatannya, maka kami harus meneriakkan jargon tersebut. 

Cha - Cha Slide merupakan "tradisi" mahasiswa fakultas kami. Hanya untuk fakultas kami saja dan di perkenalkan sejak awal menjadi mahasiswa baru. Kemudian wajib di turunkan ke angkatan berikutnya. Saya kurang tahu tarian ini sejak kapan menjadi "tradisi", namun menjadi kenangan yang sulit di lupakan. Apakah tariannya susah? Oh tentu tidak. Apakah durasinya lama? Itu juga tidak. Ini merupakan tarian sederhana dan singkat. Tariannya sesuai dengan lirik lagu dari musik yang ada. Bahkan kalian bisa mengajak pasangan atau bahkan anak-anak loh. Tariannya terdiri dari geser ke kanan dan kiri, mundur ke belakang, lompat, dan tepuk tangan. Kalau bisa di coba lakukan ramai-ramai biar makin seru hhaa.. Karena ingat tarian ini, akhirnya kemarin malam saya coba dua kali menari. Si Koko sampai bingung ngapain saya malam-malam menari hhhaa.. Lumayan juga untuk peregangan anggota tubuh sehabis kelamaan duduk atau kerja. Saat menikah, saya ingin melakukan tarian ini sebagai bagian dari flash mob. Hanya saja teman-teman saya menyarankan untuk melakukan gerakan yang berbeda, katanya sih biar ada unsur romantis. Soalnya kan momen acara pernikahan, bukan dalam rangka mahasiswa baru. Akhirnya saya tidak jadi memasukkan tarian ini di flash mob nikahan.


Teman-teman bisa menontonnya terlebih dahulu, kemudian coba mempraktekan. Tariannya mulai dari menit 0:29 - 2:38. Jika mau di lewati sampai video selesai juga boleh. Biasanya sih kami menarikan sesuai dengan tarian di menit tersebut. Saat tepuk tangan kalau bisa yang heboh, biar makin semangat 🙈 Ajak orang-orang di sekitar juga untuk melakukannya, agar menjadi me time untuk kalian masing-masing. Menjelang weekend, coba lepaskan sejenak beban pekerjaan dan hal yang di pikirkan. Yuk.. sama-sama luangkan waktu sejenak untuk memberikan diri energi positif dan semangat. 

Videonya sudah cukup lama, jadi mungkin kualitas gambar belum sebaik sekarang. Selain itu dalam video tersebut terdapat banyak orang, jadi mungkin saat melihat gerakan agak susah. Saya menemukan video lain dan yang melakukan tarian hanya beberapa orang. Mungkin video di bawah ini lebih mudah untuk kalian perhatikan. Sebetulnya mau benar-benar mengikuti tarian tersebut sah-sah saja. Jadi kalian totalitas. Jika tidak mau sepenuhnya sama persis, juga tidak masalah. Terpenting adalah kalian menari semampunya. Saya pun merasa badan kaku karena memang tidak biasa menari. Cuma selalu suka saat musik di putar dan kami satu angkatan bersama senior-senior menarikan secara bersama-sama. Bisa kebayang ya bagaimana seru dan bahagiannya. Momen saat kuliah tersebut sulit untuk saya lupakan. Memang fakultas saya terbilang paling baik dalam hal ospek mahasiswa baru. Dibandingkan fakultas lain, tentu fakultas saya gosipnya emang yang nyaman. Saya sih setuju, karena dibandingkan kami di marah-marahi, malah kami di ajak menari bersama. Tidak tanggung-tanggung kegiatan menari ini bisa di lakukan tiap minggu selama tiga bulan pertama masuk kuliah. Tiga bulan itu disebut sebagai Pramabim (Pra Masa Bimbingan) untuk mahasiswa baru.

Jika sudah melihat videonya atau melakukan gerakannya, hayo sadarkah kalian kalau tarian ini mirip tarian apa? Tarian yang cukup terkenal di Indonesia loh, cuma memang Cha - Cha Slide ada modifikasinya. Bahkan dulu saat masih SD, tiap hari Jumat tarian Indonesia tersebut wajib di lakukan sebagai sarana olahraga bersama. Bagi yang sudah tahu tarian Indonesia tersebut, apakah masih ingat gerakannya? Bagi yang sudah coba melakukan Cha - Cha Slide atau bahkan tarian Indonesia tersebut, bisa share di kolom komentar bagaimana perasaan kalian setelah menari? 😁


Cover: Canva




10 comments

  1. Cihuy.. slide-slide sih mirip poco-poco yak, hihi..
    Asik nih buat ngilangin suntuk di akhir minggu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes betul sekali mbak 😁 cobaa mbaa lumayan buat gerak-gerakin badan 😊 ajak keluarganya juga yaa biar makin seru.

      Delete
  2. hai devina,
    asyik nih, saya punya cara baru buat olahraga ringan menyenangkan dengan cha-cha, hihihi. zumba kadang bisa melelahkan soalnya, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba 🙋

      Yeay... Semoga cocok yaa sama cha cha slide. Ini lebih ringan di banding zumba. Cuma tetap harus rame-rame biar makin seru 😁

      Delete
  3. Keren mbak, fakultas nya punya tradisi yg cukup unik yaa. Bisa sekalian olahraga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas 🙋

      Makasih sudah mampir disini. Iyaa.. ini jadi tradisi yg bahkan sampai sekarang aku ga bisa lupa. Walaupun uda bertahun-tahun lulus.

      Betul banget mas, bukan cuma buat seru-seruan tapi bisa olahraga juga 😁

      Delete
  4. Hihi kak seru juga ya kalau fakultasnya punya tradisi.. aku jadi inget tiktok ospek SMA yang ada gerakan-gerakannya untuk siswa baru 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa emang seru dan bikin berkesan lohh 😁

      Wahh.. karena emang sekarang apa-apa tiktok jadi gerakan ospek pun bisa ada di tiktok yaaa. Seru juga tuh pastinya 😊

      Delete
  5. Seruuu banget siiih :D. Naah mending gini mba, ospek anak barunya malah diajarin nari. LBH kreatif drpd bentak2 ga guna :D. Salut Ama fakultas kalian.

    Tadi aku cek videonya, iya LBH gampang yg video kedua :D.lbh jelas cara narinya :D. Asik juga yaaa. Tarian Indonesia maksudnya yg poco2? Aku cuma inget itu doang tariannyg dipake senam hahahahahha. Tapi serius udh lupa sih gerakannya :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhee makasih Mba..

      Iyees tarian poco poco. Dulu aku juga nari itu karena senam di sekolah hhha..

      Coba Mba Fanny nari cha cha slide ato poco poco. Seru-seruan ajaa hhhe

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.