Mau Makan Apa?

 

Mau Makan Apa


Ada satu hal yang belum berubah meskipun sudah memasuki tahun 2021, yaitu bingung mau milih menu makanan. Entah kenapa saya termasuk orang yang suka bingung dalam memilih menu makanan. Makanya selalu makan makanan yang nyaris sama. Buat saya makanan itu sulit untuk di pilih. Saking banyaknya pilihan yang ada, semakin membuat bingung dalam memutuskan. Saya bukan termasuk orang yang sering masak. Sebetulnya masih dalam tahap belajar masak juga. Terkadang, saya dan Koko memutuskan untuk memesan makanan secara online. Biasanya saat weekend, saya tidak masak apapun. Jika dulu sebelum pandemi, tiap weekend kami bisa keluar untuk makan di resto. Lalu, pulang mampir ke supermarket atau nonton bioskop. Saat ini semua rutinitas menjadi berubah. Karena tidak mungkin terlalu sering untuk pergi, akhirnya saya mulai mendalami untuk belajar masak.

Memasak atau membeli makanan tetap membingungkan. Terkadang saya juga bingung apa yang akan dimasak. Ada yang merasakan hal yang sama? Makan malam hari ini memutuskan untuk membeli secara online. Kebetulan masakan tadi pagi sudah habis. Jadilah saya dan Koko sama-sama membuka aplikasi online untuk membeli makanan. Biasanya menu makan kami bisa berbeda. Koko termasuk yang mudah dalam menentukan menu makanan. Sebab kesukaannya sekitar nasi goreng, baso, sate maranggi, sate ayam, atau makanan non halal. Dia kurang begitu menyukai sayuran, jadi kami suka berbeda dalam membeli makanan. Saya musti makan sayur nyaris tiap hari. Kalau tidak makan sayur, entah timbul jerawat atau sembelit. Nah, tadi dia sudah memutuskan untuk memesan makanan. Selesai dia pesan makanan, saya masih sibuk cari-cari makanan yang bikin tertarik. Ujung-ujungnya saya membeli menu ayam dengan sayur.

Entah kenapa jika sudah terdesak, menu ayam lah yang jadi pilihan. Padahal menu makanan yang ada sangat banyak dan beragam. Namun, tetap sulit untuk memutuskan menu yang diinginkan. Sepertinya comfort food saya seputar olahan ayam, salad, kwetiaw atau bihun ayam, terkadang malah ikut-ikutan menu makanan Koko. Jika berada dalam kondisi seperti ini, apa yang akan kalian putuskan? Keinginan saya tahun ini untuk mencoba menu makanan baru masih akan di lakukan. Sampai saat ini, saya baru mencoba satu menu makanan baru. Cukup bisa di nikmati namun tidak terlalu yakin untuk mencoba ulang nantinya 🤣 Sepertinya harus mengubah pola pikir dan berani untuk mencoba menu makanan baru. Beberapa hari lalu, saya menonton film Aruna & Lidahnya di Netflix. Di film tersebut dibahas beragam menu masakan yang ada di Indonesia. Jujur penasaran dengan menu rujak soto. Saat melihat Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran Aruna, mencoba makanan tersebut, entah kenapa terkesan "aneh" namun bikin penasaran. Biasanya soto identik dengan rasa gurih, namun jika di campur dengan dengan rujak yang pedas manis, entah bagaimana rasa dari perpaduan tersebut. Adakah teman-teman yang pernah mencoba menu tersebut?

Sesungguhnya saya menyadari bahwa menu masakan Indonesia sangat beragam. Satu-satunya menu yang akan selalu saya cari adalah nasi padang. Entah kenapa tidak bisa tergantikan menu nasi padang dengan makanan lain, khususnya jika berpergian ke luar negeri. Meskipun menu masakan dari negara lain mulai di jual di Indonesia, tetap tidak bisa menggantikan rasa nasi padang. Saya termasuk tim nasi padang yang banyak kuah dan makan menggunakan tangan (maaf kalau tidak sopan). Oh ya, di tambah dengan paru goreng. Duhhh... nikmat. Makanan Indonesia memang memiliki ciri khas seperti kaya akan bumbu rempah-rempahnya. Meskipun banyak menu khas Indonesia yang menarik untuk di coba, tetap suka bingung memutuskannya. Nah, dalam rangka ingin mencoba menu makanan baru, adakah saran dari teman-teman mengenai menu makanan yang perlu saya coba? Mungkin bisa dari makanan Indonesia atau makanan dari negara lainnya 🙏 Maaf teman-teman kalau judulnya agak aneh. Entah kenapa akhir-akhir ini sulit untuk membuat judul yang cukup menarik. Jika di perhatikan beberapa tulisan saya belakangan ini memiliki judul yang relatif pendek. Sengaja ini di lakukan agar tampilan di home blog memiliki ukuran yang sama. Ternyata bawaan template Kak Langit sudah dibikin agar memiliki ukuran yang sama antar tulisan. Jadi, agar memiliki ukuran yang sama, maka judul pun di buat sesingkat mungkin. Ditunggu saran teman-teman tentang menu makanan yang bisa saya coba 😉





16 comments

  1. Maaf Dep.. saya nggak punya saran..🤪🤪🤪

    Sampai saat ini, di rumah menu makanan itu adalah persoalan paling sulit untuk dipecahkan. Nggak jarang berujung pada tidak ada masakan di meja makan karena tidak ada titik temu antara saya, si Yayang, dan si Kribo.

    Sering pada akhirnya menu makannya adalah "TERSERAH" 🤣🤣

    Kebetulan saya orang yang pakai metode "Makan apa yang ada", jadi yang ada di meja ya di makan. Mau menu apapun, ya dimakan. Kebiasaan sejak dulu makan ya makan, jadi jarang sekali punya keinginan mau makan ini atau itu.. Pokoke yang penting perut kenyang.

    Nah, hasilnya, sering diomeli si Yayang.. ditanya mau makan apa, jawabnya Terserah saja.. wakakakakaka.. habis mau gimana lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaa.. kayanya kata "terserah" itu udah jawaban paling pamungkas. Singkat, padat, dan terkesan bisa menyelesaikan masalah. Padahal dengan kata "terserah" bikin makin bingung mau nentuin menu makanan hhha.

      Wahh... Mas Anton ternyata mau makan apa aja juga cocok yaa. Meskipun kadang memudahkan untuk Istri agar tidak perlu bikin masakan macem-macem, di satu sisi malah bikin makin ga jelas mau masak apa hhha..

      Delete
  2. Huahahaha, ini permasalahan banyak keluarga kayaknya, mba 🤣 Saya pun setiap kali makan, harus dipikirkan dari sehari sebelumnya kira-kira besok mau makan apa. Terus baru info mba saya agar bisa disiapkan 🙈 Kadang tuh ya, malam-malam saya ribet scroll Cookpad untuk cari menu baru biar mba saya nggak bosan semisal saya minta ayam lagi ayam lagi. Wk.

    Mana si kesayangan setiap ditanya jawabannya, "Saya makan apapun yang kamu siapkan." *hadeeeeh* *bilang saja malas berpikir!* *esmosi jadinya* 😆 Well, untuk saran menu, mungkin bisa tumis kangkung, tumis labu siam, tumis buncis wortel, tumis kacang panjang tempe, ini beberapa sayur tumisan yang saya suka. Untuk sayur berkuah, saya paling happy dikasih sayur sop, capcay, sayur lontong, dan sayur lodeh 🤤

    Lauknya, bisa udang saus mentega, ikan nila goreng, ikan bumbu kuning, atau beef teriyaki, ummm apalagi yaaaa, bingung saya mau kasih saran apa selain ayam 😂 Oh mungkin jika mba Devina suka gorengan, bisa masak bakwan sayur, tahu crispy, tempe mendoan, huehuehe 😆

    Semangat, mba 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul Mbaaa, kayanya dari tahun ke tahun ga kelar-kelar permasalahan tersebut hhhha..

      Pas banget aku punya kacang panjang dan tempe. Sepertinya menu tumis kacang pajang tempe emang jadi menu andalan di rumah yaa hhaa..

      Sesungguhnya aku cukup suka gorengan Mba. Cuma karena takut batuk, jadi akhir-akhir ini aku kurangin deh hhhe..
      Makasih atas sarannya yaa Mba 😁

      Delete
  3. Sezuzurnya aku pun sering kebingungan milih makanan, mbak Dev, alasannya karena di kost nggak ada dapur dan kompor (dan ditambah malas masak🤣), jadi mau nggak mau setiap hari beli keluar dan itu bosannya bukan main. Makanya suka bingung pilih makanan, karena pasti itu lagu itu lagi yang ketemu😆 Sebanyak-banyaknya kuliner di Bandung, tetep aja kelabakan karena rata-rata menunya mirip😂 Nggak kebayang juga sih, tapi, betapa bingungnya kalau kita mau masak di rumah. Soalnya aku sering lihat eyangku di rumah mesti muter otak buat masak masakan yang berbeda tiap harinya.

    Hmm paling kalau dariku, apa yaa? Nasi kebuli? atau ikan pesmol (dan menu ikan lain), menurutku bisa jadi pilihan😍 Biasanya pake ikan kakap atau ikan laut lain akan terasa lebih nikmat. Aduh aku bingung hahaha😆😄

    Barusan aku sambil tanya temanku, katanya menu-menu seafood kayaknya enak mbak buat dicoba, spesifiknya sih nggak tau ya apa aja, tapi yang bahan utamanya seafood biasanya sih enak😁

    Ah iya, mungkin biar nggak bosan juga mbak, nasinya dibuat lebih spesial lagi semisal dibikin nasi liwet, kalau nggak salah bahan dan cara membuatnya pun nggak ribet kok. Terus menu lauknya ditambah tempe, sambel, dan ikan beuuhh udah cukup banget😍 Plus lalap deh jangan lupa, hihi.

    Mungkin segitu aja saran dariku mbak Devinaa, nanti kalau ada kepikiran menu lain aku kasih saran lg yaa mbak😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh kalau anak kost memang kadang permasalahan menu makanan bikin ga kelar-kelar hhha. Adik aku pernah ngekost dan selalu bingung tiap mau makan. Ga tau mau makan apaan padahal banyak menu yang bisa di beli di sekitar kost-annya.

      Noted, makasih atas saran-saran untuk menu nya yaa Awl 😁

      Delete
  4. Wkwkwk sepertinya ini memang problematika semua orang, Ci 🤣. Aku juga sering bingung ingin makan apa, sampai bisa tiap malam makan menu yang sama saking bingungnya mau menu lain apa 🤣. Lain halnya dengan mamaku, mamaku biasanya bingung mau masak apa 🤣, nggak jauh-jauh juga sih dari kata bingung 🤣 meskipun masakan apapun yang mama buat, pasti akan dimakan dengan lahap.

    Kalau nasi padang, seandainya kalau makan nasi padang setiap hari nggak akan bikin sakit kolekstrol, aku nggak masalah kalau harus makan nasi padang setiap hari 🤣. Aku juga tim makan nasi padang dengan kuah banyak dan pakai tangan lho, Ci 🙈 plusss cabe ijo! It's a must! Haduuu, baru ngomongin aja udah bikin ngiler, Ci 🤣. Hebatnya kekuatan nasi padang selain mudah bikin ngiler, nasinya kalau dibungkus kan banyak ya, tapi kita yang sehari-hari makannya sedikit, bisaaan aja menghabiskan nasi padang yang dibungkus 🤣 sakti banget!

    Kalau menu makanan baru, Cici udah pernah coba tahu telur? Ini enakkk 🤭 siapa tahu Cici bisa sukaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhaa.. ternyata pada punya persoalan yang sama seputar menu makanan yaa. Iya pasti mama nya Lia jadi bingung kalau ga ada request mau makan apa dari keluarga. Emang ujung-ujungnya jadi pada bingung yaa hhha.

      Betul banget entah kenapa kekuatan rasa nasi padang sanggup membuat kita bisa makan satu bungkus sendiri. Padahal biasanya makan nasi cuma separoh hhha.

      Aku pernah coba tahu telur dan beneran enak yaaa. Unik dan lumayan bikin kenyang juga hhhe..

      Delete
  5. Syukurlah saat ini, anak-anak sedang dalam tahapan, makan apapun yang maminya masak, justru maminya yang malas banget masak rasanya, entahlah mengapa kok dapur itu sama sekali nggak menarik buat saya, hahaha.

    Tapi, memang ya, menu andalan di pulau Jawa ini ya ayam.
    Kadang saya rindu tinggal di Sulawesi, di mana di sana itu, menunya praktis banget, amat membantu mamak-mamak yang memang banyak jadi pekerja kantoran.

    Cukup beli ikan, sampai di rumah, di cuci, kasih garam dan asam, di masak sambil disiramin tumisan bawang, udah deh.
    Atau ikan dikasih garam dan asam, taruh di kulkas, kalau mau makan tinggal di goreng, demikian juga sayuran, cukup petik daun kelor, masak pakai air dan garam, jadi deh hihihi.

    Praktis, dan selalu enak sih menurut saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, ga lain menunya yaa seputar ayam. Semua dari olahan ayam, sampai lama-lama kok berasa bosan makan ayam 😆
      Wahh.. ikan goreng tuh enakk meskipun bumbunya simple. Emang terkadang yang menunya praktis rasanya tetep enak dan bikin kangen hhhe..

      Delete
  6. Dev, bingung dan lama milih makanan, itu penykitku dari duluuuuu hahahahah. Tapi bingung ku itu LBH karena pengen ngerasain semua, cm sadar Ama kapasitas perut, dan ujungnya2nya jadi galaaaaau wkwkk.

    Kalo udh mesen makanan lwt aplikasi, dijamin itu 30 menitan mungkin msh ga bisa mutusin. Gitu juga kali di restoran. Suamiku kadang gemes karena jd lamaaa :D.

    Nah kalo udah begitu, aku ujung2nya akan milih yg paling unik dan blm aku coba. Jd setidaknya dapet review makanan baru.

    Aku tipe penasaran dan suka mencoba soalnya. Jd kalo ada makanan unik dikit, aku bakal coba. Masalah enak ato ga enak, itu belakangan. Yg ptg rasa penasaran ku terpenuhi dulu :). Apalagi kalo ke LN. Aku ga akan mau bawa makanan dari indonesia. Justru aku aku ngelist down makanan khas apa aja yg bakal aku coba di negara tujuan :D. Itu makanya budget liburanku paling mahal di makan :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa ampun Mba Fanny, maapin baru balas komen ini huhuhu..

      Kalau aku malah kebalikan dr Mba. Aku ga suka coba2 karna takut ga enak hhha.

      Makanya ujung-ujung nya selalu bingung mau makan apa. Paling seputar ayam atau chinese food hhaa.

      Delete
  7. Berasa pengen tos dulu sama penulisnya, karena sudah menyuarakan juga isi hati saya..hehe

    sama saya juga problemnya selalu itu " mau makan apa?" Apa lagi kalau mau masak buat keluarga kayaknya ujung-ujungnya bolak balik ke menu yang sama terus T.T (even, stok buku resep banyak di rumah, cuma jadi pajangan doang..hiks)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeet Mba, merasa jadi menunya itu-itu ajaa. Padahal banyak sekali menu yaang ada, tapi kok masih ngerasa bingung mau makan apaan yaa hhhaa..

      Perkara mau makan aja sampai bingung hhha. Ntar pas tidak ada pilihan menu, eeh tetap bingung hhha..

      Delete
  8. yang dimaksud mba devina rujak soto ya? aku dulu pertama makan rujak soto, kayak aneh mbak.Bumbu rujak dicampur soto dan alhasil perut mulessss mbak dan seperti perih. karena dibumbu rujak biasanya ada petis, dan perutku nggak bisa kena petis, panass rasanya di perut

    dulu waktu aku kos ketika kuliah, aku iseng masak hasil liat resep dikoran, simple, cuman oseng oseng kacang panjang + tempe. dan ternyata ketagihan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh... iyaa aku pun bingung rujak kan biasanya pedas manis, kalau soto kah gurih berkuah gituu. Kalau di campur itu gimana deh rasanya.

      Iyaaa oseng kacang panjang tempe ituu emang enaaak. Aku juga sukaaa, tapi kadang masaknya. Soalnya lebih males cuci perabotannya daripada masak dan makan hhha.

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.