Satu Dekade

 


Tradisi tiap tahun menjelang natal adalah tukar kado dengan teman-teman. Jika tahun lalu kami melakukan tukar kado secara virtual, bersyukurnya tahun ini bisa ketemu langsung dengan mereka. Akhirnyaaa kami kembali bertemu dan melakukan tradisi ini. Happy-nya minta ampun walaupun sempat khawatir juga. Karena ini momen kami berkumpul di suatu tempat dan masih terbatas dengan waktu. Pemilihan lokasi sudah di lakukan jauh-jauh hari, cek ini dan itu karena tiap tempat memberikan batas waktu penggunaan. Rata-rata memberikan waktu selama tiga jam. Kebetulan kami cari tempat yang private. Maklum masih rada parno jika harus ketemu banyak orang. Sama seperti tahun lalu, metode untuk penentuan penerima kado menggunakan Secret Santa dan bisa menuliskan wishlist

Tidak afdol namanya kalau tanpa cerita-cerita. Tradisi tukar kado ini memang sekaligus membuat kami bisa saling update kehidupan satu sama lain. Karena lebih nyaman bercerita langsung daripada update di grup WA. Cerita apa saja mau senang dan sedih, susah dan bahagia, semua kami ceritakan dan dengarkan bersama. Tentunya bisa ada selingan menangis dan tertawa. Siapa sangka, tahun ini sudah satu dekade saya mengenal mereka semua. Namun ini menjadi kali ke-8 kami melakukan tradisi tukar kado. 

10 tahun bersama mereka. 10 tahun ikut menyaksikan perubahan mereka. 10 tahun ikut ambil bagian dalam kehidupan mereka. 10 tahun kami saling mendukung satu sama lain. 10 tahun kami saling mendengarkan satu sama lain. Mulai dari ber-10 lalu satu per satu menikah, bahkan sekarang ada yang sudah punya anak dan sedang hamil. Siapa duga kami bisa bersama hingga tahun ke-10 yang rasanya seperti baru kemarin. Berharap masih ada tahun-tahun kedepan yang akan kami lewati. Berharap masih bisa melanjutkan tradisi ini bersama hingga tahun-tahun kedepan.

Saat saya menyadari sudah 10 tahun bersama mereka, jujur merasa tidak menyangka. Namun ada rasa hangat di hati. Kami tidak selalu bersama dan berkomunikasi satu sama lain. Bahkan komunikasi cuma sekedar ucapin selamat ulang tahun. Bukan yang rutin terus menerus melakukan chat dan telefon. Tapi kami sadar, satu sama lain tetap ada walaupun mungkin tidak selalu dekat. Bukan berarti kami tidak pernah sebal dan berdebat, itu semua ada tapi tetap kami kembali bersama. Seberapa pun kami berdebat dan merasa sebal, ujung-ujungnya kami akan tertawa bersama lain. Bahkan terkadang saya bisa lebih jujur kepada mereka daripada keluarga sendiri. Mungkin karena seumuran jadi merasa nyaman untuk berbagi cerita yang ada. 

Jika tahun lalu belum bisa berkumpul, tahun ini walaupun dengan keterbatasan yang ada akhirnya kami bisa kumpul bersama. Momen ini tentu akan menjadi pengingat bahwa ada satu hari yang selalu kami luangkan di tiap tahunnya untuk berkumpul. Tapi sebetulnya tiap hari kami selalu ada di balik kesibukan masing-masing.




Lantas menjelang akhir tahun ini, apa saja yang sudah kalian lakukan dengan teman/sahabat kalian? 😁




14 comments

  1. Akhirnya Cici bisa kumpul lagi dengan teman-teman πŸ₯³. Aku masih ingat cerita tahun lalu saat Cici merayakan Natal online, jadi ikutan senang karena tahun ini akhirnya bisa ketemu secara offline 😍. I'm happy for you!! Semoga pertemanan Cici and the genks bisa terus awet sampai kakek nenek ya 😍. Btw, Cici dapat hadiah apa kali ini? 🀭 #kepo

    Kalau aku, beberapa hari lalu habis pergi staycation sama teman-temanku 😍. Setelah 2 tahun nggak pergi liburan bareng, akhirnya bulan ini bisa membalaskan dendam huahahaha. Terus jadi ketagihan untuk staycation lagi karena it's really healing, dan mungkin karena airbnb yang kami sewa benar-benar memuaskan 😍.
    Aaah~ Natal kali ini benar-benar membawa kebahagiaan untuk kita ya Ci 😍. Semoga tahun depan masih diberi kesehatan untuk merayakan Natal bersama kembali πŸ₯ΊπŸ™πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Liaa tahun lalu kami secara virtual, bersyukur tahun ini bisa ketemu langsung. Tahun ini dapat Reed Diffuser gitu Li. Memang aku request nya begitu 🀣

      Waah enaakk bangeet bisa staycation bareng gitu. Iyaaa staycation ramai-ramai tuh seru apalagi bisa sambil masak-masak bareng hhhee. Terus malam-malam ngobrol atau nonton bareng sambil ngemil. Bisa-bisa lupa waktu tuuhh.

      Btw Merry Christmas ya Lia. Semoga damai dan sukacita Natal menyertai Lia dan keluarga yaa 😊

      Delete
  2. hangat banget hati bacanya mbak 😊 seru juga ya bisa sambil tuker kado apalagi kalo dapet kado yang unik-unik pasti bikin ngakak hihi. aku jadi tertarik tukeran kado juga sama teman-teman hehe makasih inspirasinya mbaaak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbaa hhee..

      Kebetulan kalau kami ini nulis wishlist gitu, jadi kado yg dapat memang sesuai request masing-masing orang hhhe. Memang seru juga kalau random gitu dapatnya apa aja yang bahkan ga kita prediksi hhhee.

      Ayoo mba menjelang akhir tahun, tukeran kado dalam rangka menyambut Tahun baru hhhee..

      Delete
  3. seneng bisa kumpul rame-rame sama orang terdekat, hiks, aku sendiri pada jauh-jauh sekarang tinggalnya mbak, kalau dulu masih tinggal di Malang bisa dibilang gampang, banyak temen kuliahku yang anak Malang juga soalnya
    sekarang aku udah balik ke Jember dan otomatis jauh-jauhan sama sohib waktu masih muda dulu #ehh

    sekarang kalau bikin janji memang kudu dipersiapkan jauh-jauh hari, karena kalo nggak gitu pas hari yang ditentukan, suka sibuk sendiri-sendiri
    dan aku udah lama banget ga ada acara tuker kado, mungkin pas SD waktu terakhir kali, etapi itu tuker kue deng hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketemuan virtual dulu ajaa kalau gaa mba, cuma emang musti cocokin jadwal masing-masing. Iyaa kalau uda jauh-jauh jadi lebih sulit nentuin waktu ketemunya. Tuker kue itu seru jugaa, pasti kalau SD bawa kue yang unik-unik dan bisa modelnya macem-macem hhhee..

      Delete
  4. mba Devina, happy holiday and merry christmas ya. seneng banget ketemu teman apalagi udah bareng 10 tahun ya. so sweet banget dan bikin bonding pertemanan terjaga. tahun ini aku belum meet up sahabat yang udah bareng sejak 20 tahun lalu karena kesibukan. maybe next week setelah lonceng tahun baru bunyi, hihihi. ide tukeran kado nya aku mau contek ah, hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Eka, happy holiday juga yaa Mba. Iyaa senengnya bisa kumpul-kumpul bareng gitu hhhee.. Wuaahh kereen uda sahabatan 20 tahun. Lama bangeet itu mbaaa. Semoga segera menemukan waktu yang cocok untuk ketemu dan ngobrol-ngobrol lagi sama sahabatnya yaa Mba 😊 Silahkan Mbaa, biar acaranya jadi makin seru karena ada tukeran kado hhhee..

      Delete
  5. Halooo salam kenal kak, sepertinya baru pertama berkunjung di blog ini. Seru ya sepertinya acara tukar kadonya. Syukurlah kalo lihat berita-berita sepertinya keadaan semakin membaik. Semoga gaada lagi yang namanya pandemi huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga Kak... Iyaa memang tradisi tahunan kami untuk tukeran kado hhhee.. Amin, semoga keadaan segera membaik dan pulih.

      Delete
  6. Halo Mba Devina? Apa Kabss??

    Mau ngucapin happy holiday and Merry Christmas tapi kok udah telattt banget yakk. Wkwk 🀣🀣

    Btw, seru amat Mba Pertemanannya.. 10 tahun dan masih jaga komunikasi. Mantap2.. doaku teruntuk kalian semoga persahabatannga terus langgeng sampe nini nini ya .. πŸ˜‡

    Ahh baca ini jadi ingat kemarin Natal. Soalnya itu kali pertama aku ikutan ngias pohon Natal breng Housemate meskipun ukuran Mini. Wkwk😁 tapi overall seru banget..

    Terus karena momen itu juga kita punya percakapan yang serada serius, istilahnya dari hati ke hati la ya.. πŸ₯²πŸ€ͺ terharu tapi juga bahagia.. hehe

    Oh ya Happy New Year ya mba.. (mumpung masih angett 🀣) semoga Tahun ini bisa menjadi Tahun yang lebih baik. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Bayu. Kabar baikkk. Mas Bayu gimana kabarnya?

      Hhhhaa makasih yaaa. Happy New yeaar too yaa Mas. Semoga tahun ini selalu sehat dan penuh kebahagiaan dalam hidup Mas Bayu.

      Amin.. Iyaa kami tiap tahun memang usahain untuk ketemu dan ngelakuin acara ini. Jadi biar tetap jaga persahabatan yg sudah berlangsung hhhe..

      Waah seru bangeeet. Memang hias pohon natal itu bikin happy apalagi pas liat hasilnyaa. Wooww pembahasannya cukup mendalam nih. Cuma kalau bisa bikin happy berarti topik tersebut di bahas dengan lengkap dan tuntas. Emang terkadang percapakan rada serius juga di butuhkan apalagi bahas sama orang yang sefrekuensi. Jadi enak ngobrol lama pun.

      Delete
  7. Akhir tahun kemarin aku ga kemana2, di rumah aja, boro2 ngumpul 🀣. Tapi malah awal tahun ketemuan juga Ama sahabat yg baru DTG ke JKT lagi. Cuma sebentar, tapi setidaknya happy Lah. It pertemuan pertama ku Ama temen sih. Kemarin2 cuma berani ketemu Ama kekuarga om nya suami doang πŸ˜‚.

    Pas ketemu temen itu, baru sadar kalo aku selama ini kangen banget kumpul2 lagi, ngobrol asyik, ngabisin me time sambil nyalon dll. Setelah 2 THN, baru bisa ngelakuin lagi, jadi berasa banget kaaan senengnya gimana. Kayak baru lepas dari penjara 🀣.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru amat mbaa bisa me time bareng sama temen. Emang sih karena lebih banyak aktivitas di rumah, kadang kalau keluar rumah berasa kaya baru di lepas gitu. Bikin mau kesana sini coba ini dan itu hhha..

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.