Road Trip ke Yogyakarta Bersama Teman Hidup Traveloka

 



Bulan lalu tepatnya tanggal 27 September di peringati sebagai World Tourism Day. Rasanya pas sekali untuk membahas mengenai Pariwisata, khususnya di Indonesia. Apalagi saat ini keadaan mulai membaik pasca pandemi. Pariwisata Indonesia pun perlahan mulai bangkit. Banyak kota-kota indah yang ada di Indonesia. Mungkin di mata Dunia, Bali dan Lombok menjadi ciri khas Indonesia. Umumnya turis banyak yang menginjakkan kakinya di sana. Tentu saja Bali dan Lombok sangat cantik. Cocok pula untuk backpacker atau pergi bersama keluarga. Namun, Indonesia bukan cuma ada Bali dan Lombok. Masih ada daerah lain yang tidak kalah indahnya dan bisa untuk di explore

Setelah pandemi melanda dua tahunan ini, otomatis kegiatan berwisata menjadi terhenti. Melihat kondisi yang mulai membaik, rasanya bisa untuk kita pergi berwisata lagi. Cukup di Indonesia saja, karena masih banyak daerah yang perlu saya explore. Tahun lalu saya dan keluarga sempat melakukan road trip Solo - Semarang. Ternyata itu sangat seru dan bikin saya mau lagi melakukannya 😁 Jika situasi dan kondisi memungkinkan, ingin rasanya melakukan road trip lagi ke Yogyakarta bersama Teman Hidup saya. Teman Hidup saya ini bukan hanya suami namun juga keluarga 😉 Yogyakarta menjadi tempat yang selalu menarik untuk di datangi lagi. Jika dulu ke Yogyakarta menggunakan kereta api, kali ini punya rencana untuk menggunakan mobil pribadi. 

Kenapa mau ke Yogyakarta? Memangnya ada apa sih di Yogyakarta? 

1. Yogyakarta memang identik dengan Jl. Malioboro dan makanan Gudeg. Namun, Keraton dan Candi yang menjadi objek wisatanya termasuk ciri khas dari kota ini. Keraton dan Candi yang ada menjadi saksi sejarah yang menarik untuk diketahui dan ditelusuri. Bahkan, banyak turis yang mampir untuk melihat kemegahan Keraton dan Candi tersebut. Sebut saja Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Ratu Boko, dll. Kalian juga harus ke Keraton Yogyakarta dan melihat bangunan arsitektur Jawa serta berfungsi sebagai kediaman Sultan. Keraton Yogyakarta menjadi destinasi pariwisata dengan kebudayaan yang terkenal di Indonesia.

2. Selain destinasi kebudayaan, kota yang terkenal sebagai Kota Pelajar ini nyatanya memiliki hal menarik lainnya. Kalian bisa untuk mengeksplorasi tempat-tempat kekinian yang menawarkan pengalaman seru. Jika di telurusi, beragam objek wisata maupun restaurant yang bisa kita datangi. Saat ke kota ini kalian bukan hanya mendapatkan pengalaman dari sisi budaya, namun juga bisa tetap update perkembangan masa kini. Tempat masa kini yang iconic dan menjadi objek foto bagi kalian penggemar dokumentasi pribadi. Sebut saja ada HeHa Sky View, HeHa Ocean View, Langlang Buana Bhumi Merapi (Santorini ala Yogyakarta), dan kita bisa naik mobil VW Safari lohhh. Saya penasaran sekali mau cobain untuk VW tour yang memiliki rute untuk explore Tilik Sawah. Tentunya kita sepanjang jalan akan dimanjakan pemandangan hijau-hijau. Kumpul bareng keluarga dan ikut tour ini tentu jadi pengalaman asyik dan tidak terlupakan. Bisa berfoto bersama keluarga di tengah sawah. Menikmati perjalanan menggunakan mobil classic. Waahh tidak bakal bisa ditemui di Jakarta, jadi mumpung ke Yogyakarta harus menyempatkan untuk ikut tour ini.

https://www.jajandolan.com/2021/11/heha-sky-view-keindahan-di-timur-jogja.html
HeHa Sky View. Sumber : Jajan Dolan


Langlang Buana. Sumber : Instagram Argowisatabhumimerapi


Sumber: Traveloka



https://www.gotravelaindonesia.com/heha-ocean-view/
HeHa Ocean View. Sumber : Gotravela Indonesia

3. Rasanya ada yang kurang jika jalan-jalan tanpa wisata kuliner. Tentunya sehabis explore tempat-tempat menarik, selanjutnya adalah wisata kuliner. Makanan khas Yogyakarta selain Gudeg, House of Raminten, Mie Ayam Bu Tumini, Soto Bathok Mba Katro, maupun Tempo Gelato. Ada satu tempat yang ingin sekali saya kunjungi, yaitu Suwatu Resto by Mil & Bay. Restaurant dengan konsep semi outdoor menawarkan pemandangan sawah dan gunung. Kita dapat melihat pemandangan Candi Prambanan maupun Gunung Merapi. Selain itu dekorasi identik dengan nuansa Bali dan bisa melihat pertunjukkan tari tradisonal. Paket komplit kan saat datang ke tempat ini. Bukan cuma merasakan masakannya ala rumahan namun juga di lengkapi suasana yang sangat indah. Cocok untuk didatangi berasama keluarga.

Sumber: Instagram Suwatu by Mil & Bay

Nah, kalau mau ngopi-ngopi sambil ngobrol dan menikmati pemandangan sawah, kita bisa ke Tepi Sawah Coffe Eatery Jogja. Kumpul sama keluarga sambil ngobrol dan menikmati secangkir kopi, tentunya disertai cemilan yang enak sambil melihat sawah di depan, duhhh ngebayanginnya aja nyaman sekali. Sore-sore duduk disana akan jadi moment manis saat bersama keluarga. 

Sumber : Instagram Tepi Sawah Coffee Eatery Jogja

Tentunya untuk berkeliling ke tempat-tempat menarik, perlu didukung pula dengan penginapan yang nyaman. Pastinya tidak perlu khawatir karena kita bisa  booking hotel murah melalui Traveloka. Selain praktis, Traveloka juga tentunya memiliki banyak promo menarik yang sayang loh jika kita lewatkan. Karena road trip kali ini ingin berasama keluarga, pastinya saya mencari hotel yang cocok juga untuk orangtua dan lokasi yang strategis. Pilihan jatuh kepada:

1. Hotel Tentrem Yogyakarta

Sumber : Traveloka

Saya ingin mengajak keluarga untuk menginap disini. Kebetulan kami pernah menginap di Hotel Tentrem Semarang dan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan. Jadinya ingin menginap di Hotel Tentrem Yogyakarta. Selain itu Hotel Tentrem memiliki ciri khas pengharum ruangan yang wangi sereh. Itu sangat saya sukai dan essensial oil sereh tersebut di jual di Sido Muncul Gallery & Shop yang ada di Hotel Tentrem Semarang. Sepertinya di Hotel Tentrem Yogyakarta menggunakan essensial oil yang sama dan pastinya saya ingin kembali membelinya. Wangi serehnya enak dan manis, bukan yang menyengat. Cocok untuk taruh di ruangan sebagai reed diffuser. Tentunya fasilitas hotel tidak perlu diragukan lagi, terlihat hotel ini memiliki fasilitas mumpuni untuk membuat nyaman para tamu. Hotel bintang lima dengan interior yang indah, pastinya akan membuat kami sekeluarga betah disana. Setelah lelah jalan-jalan, istirahat di hotel ini jadi pilihan tepat untuk saya dan keluarga.

2. Royal Malioboro by Aston

Sumber : Traveloka



Hotel yang berlokasi di Jl Malioboro ini membuat kami bisa mudah untuk jalan-jalan seputaran area tersebut. Tentunya orang tua pun mudah jika ingin membeli batik disana. Hotel bintang empat dengan interior modern ini bisa menjadi pilihan berikutnya untuk penginapan. Interior kamarnya sangat cantik dengan nuansa cerah. Dekorasi yang simple menambah kesan minimalis pada kamarnya. Pastinya akan menyenangkan untuk kami beristirahat disini. 

3. Artotel Suites Bianti - Yogyakarta

Sumber : Traveloka

Hotel ini memiliki area lobby yang luas juga lounge yang nyaman untuk sekedar duduk sambil menunggu proses check in / check out. Interior kamar yang cerah menambah kesan hangat saat kita memasukinya. Hotel ini memiliki bar and cafe dengan interior menarik yang membuat saya ingin datang dan menikmati makanan disana. 

Tentunya saat ini kondisi mulai membaik dan membuat kita bisa untuk kembali pergi liburan. Keinginan untuk road trip ini semakin nyata untuk diwujudkan. Semoga dalam waktu dekat bisa segera melakukan semua kegiatan ini. Traveloka pun membantu mempermudah untuk menentukan hotel atau aktivitas yang akan di lakukan. Makanya saya tidak perlu khawatir jika ingin pergi liburan. Semuanya lengkap, seperti keinginan saya untuk ikut VW tour juga tersedia di Traveloka Xperience. Nah, ayo kita kembali staycation lagi tentunya bareng Traveloka ya 😉


"Yuk '#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi' dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini : https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan"








6 comments

  1. Cuti 2 hari ke Jogya bakalan kurang untuk explore semua tempat
    padahal destinasi juga udah dikurang-kurangi, tapi rasanya kayak kurang lama gitu
    apalagi sekarang banyak banget cafe baru yang estetik, mau indoor atau alam, semuanya baguss, jadi penasaran gitu akhirnya
    pilihan hotel juga makin banyak dan ada aja hotel baru ya di Jogya. Pengen balik lagi pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu Mbaa, kurang banget untuk explore ini ituuu. Rasanya mau cobain kesana kesini cuma waktunya terbatas. Memang makin kesini banyak tempat dan hotel baru yang menarik semuaaa..

      Delete
  2. Jogja itu Kota yang nggak pernah bikin Bosan.. hehe 😄

    Ahh Traveloka.. Aku sih love sama aplikasi ini. Pokoknya kalau mau kemana, larinya pasti ke mereka. Pesan tiket pesawat, hotel, atau tiket kunjungan.. Uhhh Mudaaaahh 😁
    Malah pernah tuh dpet diskon Tiket Pesawat 300k sewaktu ke Semarang dulu-dulu.. Uhhh Mantull 😁

    Enakk ya zaman sekarang. apa-apa bisa dilakuin dengan sentuhan jari 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull Mas, ga pernah bosan dan mau lagi balik kesana hhaa..

      Iyaa setuju semua mudah dengan Traveloka. Duduk manis tinggal pilih dan klik ini itu semua beres. Betuull banyak diskon pulaaa.. Wuiihh kereen lumayan bangeet ituu diskon tiket pesawat nyaa 😄

      Delete
  3. Jogja juga fav ku bangetttt mba. Ga pernah bosen kesana. Kampung suamiku kan sbnrnya solo, tapi Krn Deket Jogja, jadi aku prefer staynya di Jogja malah, saking lebih banyak tempat wisata 😁. Kalo solo aku sukanya kuliner thok.

    Kalo Ama keluarga bagusnya memang road trip. Aku juga LBH suka itu. Tp ntr kalo ke Jogja lagi, aku mau naik KA, ajakin anak2. Mereka blm pernah naik KA 😂.

    Nah kalo hotelnya baru deh milih dr traveloka. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul mbaa kalau wisata mending ke Jogja karena beragam. Aku ketagihan road trip nihh jadi kemarin2 sempat bahas sama koko 😜 Kali ini mau coba ajak keluarga ke Jogja nihh.

      Wuihh seruuu mbaa naik kereta. Sambil lihat hijau-hijau sepanjang jalan. Kalau dlu aku naik kereta ke Jogja bareng teman-teman kantor. Bikin pengen lagi siih naik kereta ke luar kota. Karena mau ajak orang tua jadi prefer road trip deh 🤣

      Iyess semua dengan Traveloka bisa pilih hotel kece dengan mudah dan cepat yaa mbaa. Praktis pulaaa..

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.