Short Hair

 

Short Hair


Tahun ini sepertinya saya sungguh totalitas dalam merubah penampilan. Jika bulan lalu, melakukan perubahan pada alis dan bulu mata, kali ini saya memotong rambut hingga sebahu. Bukan kali pertama bagi saya memiliki rambut pendek. Saat masih kuliah, saya pernah potong rambut hingga sebatas dagu. Layaknya rambut Polwan, makanya saat itu saya di panggil Cici Polwan. Kali itu merupakan rambut saya terpendek sepanjang masa hhha. Sejak saat itu tidak pernah potong rambut hingga pendek lagi, karena Papa saya tidak suka melihatnya. Menurutnya saya lebih cocok rambut agak panjang, minimal di bawah bahu. Rekor rambut terpanjang adalah menyentuh setengah perut. Tidak pernah sampai sepinggang, karena bagi saya itu terlalu panjang. Rambut saya cenderung tebal dan mudah rontok. Jika sudah terlalu panjang, maka rambut yang rontok akan semakin banyak.

Kemarin, saya memotong rambut hingga pendek sebahu. Saat ke salon dan ditanya mau model apa, saya bilang sama Mas-nya, "potong pendek." Tidak ada instruksi lanjutan karena saya pun bingung memilih model rambut. Lebih tepatnya memang tidak mencari refrensi sebelum ke salon. Super duper random abis, karena benar-benar datang ke salon tanpa persiapan apa-apa. Btw, biasanya kalian kalau ke salon langsung datang atau cari refrensi model rambut yang diinginkan?

Nah, sebelum di potong, Mas-nya bilang "Dipotong segini ya Kak, nanti di ujungnya saya bikin berlayer." Saya pun menjawab "Oke Mas." Walaupun belum kebayang akan jadi seperti apa, pokoknya mau gunting rambut. Setelah selesai dan di blow, wow rambut sekarang menjadi sebahu. Merasa lebih ringan dan tentunya mengurangi kerontokan yang ada. Saat lihat di cermin, merasa diri ini lebih fresh. Meskipun ada rasa ingin kembali rambut lebih panjang, karena kalau rambut pendek cenderung merasa chubby hhha..

Kembali tentang penerimaan diri, bahwa tidak selalu rambut pendek akan menunjukkan bahwa diri menjadi lebih chubby. Beberapa hari lalu melihat postingan Ernest Prakasa yang membahas komentar netizen mengenai fisik istrinya. Ternyata jadi public figure memang tidak mudah, terutama mengenai komentar netizen terhadap dirinya. Saya jadi ingat pernah mengikuti roadshow buku Imperfect karya Kak Meira. Saat itu dirinya bercerita secara langsung bagaimana ia mendapat banyak komentar mengenai fisiknya. Menurut netizen, Kak Meira tidak cocok dengan Kak Ernest. Padahal bagi saya, mereka berdua adalah pasangan romantis yang sangat menginspirasi. Betapa mereka berdua bisa menjadi partner sekaligus rekan kerja. Mereka berdua bukan sekedar pasangan hidup, namun benar-benar bukti saling melengkapi satu sama lain. Postingan beberapa hari lalu mengenai Kak Meira di Instagram, sungguh bukti nyata bahwa membicarakan keburukan itu lebih mudah daripada menerima kebaikan. 

Kak Meira pun mengatakan bahwa butuh waktu untuk akhirnya ia bisa menerima bahwa semua komentar itu hanyalah tulisan dan ucapan. Komentar itu bukan menunjukkan siapakah diri kita. Akhirnya saya berusaha untuk menerima perubahan, khususnya pada rambut. Biasanya rambut akan menentukan bagaimana bentuk muka. Daripada terus merasa pipi ini chubby, lebih baik menerima bahwa rambut semakin ringan. Otomatis saat keramas membutuhkan sedikit shampoo dan waktu yang sebentar hhha.. Selain itu, semoga rambut yang rontok juga semakin berkurang. 

Kali ini, saya akan berbagi perubahan penampilan rambut sebelum dan sesudah. Menurut kalian, bagaimana penampilan terbaru ini? 😁


Before - Devina Genesia
Before - Dok. Pribadi

After - Devina Genesia
After - Dok. Pribadi






Cover: Canva


Devina Genesia



29 comments

  1. Wah samaan Kaka, saya juga barusan potong rambut pendek

    ReplyDelete
  2. Biasanya kalo perempuan dipotong rambut, setidak-tidaknya jadi lebih seger, tapi dari foto yang kulihat, kayaknya kakak ini makin cantik, suami tambah bogoh...hehehe

    kalo orang sunda pasti ngerti apa itu bogoh, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhaa amin Kak.. Pastinya lebih enteng kepala, karena rambut lebih pendek hhee..

      Delete
  3. Sama mbaa.. bulan ini bahkan saya sudah 2 kali potong rambut, wkwk. Pertama, rambut masih lebih sedikit lewat bahu, tapi dirasa2 kok kayak masih panjang ya. Akhirnya potong lagi sampe sedikit menyentuh bahu haha. Memang lebih enteng ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waww.. sebulan dua kali potong rambut? Hebat Mba Laela motong rambut sampai sesuai yang diharapkan. Aku kayanya cukup potong sekali aja hhaa..

      Iyaa.. enteng banget ini jadinya dan ga perlu ribet kuncir rambut kalau kegerahan.

      Delete
  4. Di cukur jadi makin cantik kak,

    ReplyDelete
  5. Semua memang tentang penerimaan. Kalau kitanya belum menerima, mau pake pakean dan gaya sekeren apapun pasti akan terasa kurang. Sekarang, saya pelan-pelan mulai menerima itu semua. Apa yang saya pake, apa yang saya kenakan, faktor utamanya selalu kenyamanan kemudian baru disusul hal lain.

    Keren kak Devina. Tulisannya keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mas Rahul...

      Syukurlah kalau sekarang Mas Rahul sudah bisa menerima. Tentu kalau uda nyaman emang apapun jadi lebih menyenangkan. Semoga terus bertahan dalam kondisi nyaman dan menerima yaa Mas.

      Makasih sudahh membaca dan berbagi insight, Mas..

      Delete
  6. Rambut pendek memang terasa lbh ringan dan mengurangi rontok ya.. Pasti fresh rasanya habis potong rambut ya Mba 😍😍
    Imperfect aku pernh baca bukunya. Disitu memang dikasi tau awal2nya Kak Meira insecure dg perkataan orang2. Tp perlahan ia belajar menghargai diri sendiri dan perjlanannnya lumayan mengisnpirasi.. Karena memanh hidup yg bahagia dimulai dr menyayangi diri sendiri 💖💖

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Thessa, jadi lebih enteng dan rontok lebih berkurang. Mungkin rambut rontok juga bisa karena semakin panjang rambut, jadi lebih tebel. Jadi lebih baik di potong agar mengurangi kerontokan juga hhee..

      Iyaa.. bukunya emang keren banget, dijadikan film tetap keren jugaa. Perjalanannya Kak Meira emang ga mudah, tapi betul kata Mba Thessa, malah bisa menginspirasi kita-kita yang baca bukunya.

      Yes.. menyayangi diri sendiri itu emang penting hhee..

      Delete
  7. Looking fresh, Devv 😍 emang tuh kalau habis potong rambut bawaannya enteng dan fresh banget! Dan benar, rambut pendek itu irit shampoo 😝

    Aku sendiri ke salon selalu direncanakan, walau model potongnya selalu sama sih, ya pendek bob aja. Herannya, aku selalu bawa contoh potongan rambut orang lain, padahal kasih lihat potongan rambut diri sendiri aja yaa 😂

    Penerimaan diri itu memang harus datang dari diri sendiri sih. Kalau dengar omongan orang lain gak akan pernah habis 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu Ci, fresh dan bikin perubahan dalam diri. Kaya terlihat berbeda aja kalau potongan rambut juga beda hhee..

      Wah.. aku malah ga pernah kaya gitu hhaa. Pokoknya bilang sama yang motong mau motong pendek. Abis itu terserah dan pasrah nunggu hasilnya aja kaya gimana nanti 🤣

      Iyaa betulll.. omongan orang ga akan pernah berhenti. Jadi lebih baik kita yang ubah dan tidak terlalu mendengarkannya.

      Delete
  8. Mbak Dev kelihatan lebih seger setelah potong pendek😍 dan aku bisa membayangkan juga seringan apa rasanya potong rambut dari yg panjang banget sampe pendek sekaligus, hehe. Bulan Juni lalu juga aku potong pendek sama kayak mbak Dev, soalnya. Dan rambut yg tadinya rontok mulai berkurang, mungkin karena rambutnya lebih pendek, jadi lebih kokoh di akar😂 eh tapi sekarang malah udh panjang lagi, cepet banget malah jadi gerah😫

    Aku sepakat dengan mbak, mbak Meira, dan Rahul, bahwa semuanya adalah tentang penerimaan. Kalau kita nggak bisa nerima diri sendiri dan terus menghiraukan "apa kata orang", sampai kapanpun kita nggak akan bisa menuruti diri sendiri. Padahal sesungguhnya dia yg lebih tau tentang kita daripada statement atau anggapan orang lain di luar sana💕😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh Awl juga pernah potong pendek... Iyaa, rambut tuh cepet numbuhnya, apalagi kalo rutin keramas. Betull, kalau rambut panjang emang cepet bikin gerah. Kalau rambut pendek lebih ringkas dan adem hhha..

      Iyaaa, diri ini hebat dengan apapun caranya. Karena orang lain cuma sekedar komen tanpa tahu yang kita lalui sebenarnya.

      Delete
  9. Komentar saya sudah lewat Insta saja yah 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mas Anton, sudah di baca hhhe.. Makasih yaa Mas.

      Delete
  10. Kalau habis dipotong pendek pasti lebih ringan dan fresh banget rasanya :D
    Dan sepertinya it suits you, Ciiii!! 🥰🥰🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa lebih ringan dan fresh. Emang potong rambut dan ubah modelnya jadi bikin perubahan mood juga hhaa..

      Delete
  11. Yap bener banget mba lebihbaik mikirin positifnya dengan rambut pendek jadi berasa lebih seger,lebih ringan dll daripada mikirin keliatan chubby melulu. Saya pun yg selama beberapa tahun pendek bahkan cenderung botak pernah memutuskan untuk gondrong dan emang orang lain mah ada aja komentarnya tapi sebodo amat kalo saya udah niat mah hehehe yg penting kitanya happy aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa setuju Mas, yang penting kita happy. Toh ini rambut kita sendiri dan pilihan kita mau potong pendek, di panjangin jadi gondrong, atau model lainnyaa hhee.

      Delete
  12. Makin cantik aja sayyy, kalau panjang tuh keliatan anggun, tapi kalau pendek jadi lebih imut dan fresh ya.

    Saya lupa, kayaknya sih sejak 8 atau 9 tahun lalu ya, saya berhenti ke salon, rambut saya kadang udah sepinggang, sampai yang ujungnya jadi kek ekor tikus, saking rontok hahahaha.

    Palingan yang potong paksu, cuman diikat pakai karet gelang, lalu crash.. digunting langsung, jadinya kek diterjang angin modelnya hahaha.
    Tapi ya saya jilbaban sih, sejak tahun 2005 dulu, setiap ke salon, udah di blow gini gitu, ujung-ujungnya, diikat lagi karena mau pake jilbab, hahaha.

    Etapi, baca ini mengingatkan saya saat belum berjilbab, di mana setiap kali ke salon saya selalu minta potong pendek sambil menyerahkan modelnya ke yang motong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih Mba Rey hhaa..

      Wahh, aku mah tidak pernah kasih contoh modelnya ke yang motong. Percayakan kepada orang tersebut bikin modelnya seperti apa. Terpenting harus cocok dengan muka hhaa..

      Kadang pun aku ngerasa rugi kalo blow di salon. Apalagi lagi pandemi, akhirnya pulang dari salon aku keramas lagi. Ujung-ujungnya blow juga ilang. Alhasil tidak secakep setelah keluar dari salon 🤣

      Delete
  13. Dari dulu aku slalu LBH suka rambut pendek :D. Supaya ga panas dan gerah. Ga repot juga ngurusnya..

    Dan aku sukaaaaa model rambutmu ini Dev :). LBH cocok sih kalo kubilang, Krn fresh dan kliatan LBH muda :).

    Tahun baru, penampilan baru lah yaaaa ;).

    ReplyDelete
  14. Eh lupa mau komen si Ernest juga sbnrnyaaa hahahahaha.

    Aku sebel tuuuh pas baca ttg komen netizen kampret yg ngerasa maha bener banget -_-. Kenapa sih seenaknya aja kalo ngoming yg nyakitin hati. Kadang aku sliiuuut bnget Ama artis2 ini, Krn bisa tahan banting ngadepin komen toxic begitu. Mungkin itu yg bikin aku ga bisa jd artis yaa, Nerima komen membully mungkin lgs down, apalagi kalo menyangkut fisik dan di kata2in ga sesuai utk pasangan 😓. Jleb banget sih itu. Hebaaaat Ernest dan istri. Mereka idolaku siih.. moga ttp bisa bertahan di dunia artis yg sekeras itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, jadi ga gerah Mba. Asiikkk di bilang lebih muda hhha..
      Betuull, tahun baru, penampilan juga baru hhha..

      Yes... terkadang komentar mereka itu pedes banget, sampai aku yang baca ngerasa sedih dan sakit hati. Apalagi mereka yang menerimanya yaa. Emang mereka berdua hebat bangeeet melewati sampai sejauh ini. Netizen seperti merasa paling tahu akan jodohnya masing-masing artis. Padahal Ernest dan Meira itu super cocok dan kompak abiiss..

      Delete
  15. Woohoo. aku juga tim rambut pendek doong.. kalo dulu seringnya dipotongin sama ibuk, tapi sekarang karna merantau, jadinya motong sendiri dong, haha..

    rambutku juga sebahu gitu deh kak. dan pernah panjang juga.

    btw, rambut kak Dev bagus deh, aku suka sama rambut yang melengkung alami gitu, hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat bangeet Mba Ky bisa motong sendiri. Ga selalu rambut aku melengkung begitu Mba. Biasanya di bantu karena sisir. Kadang juga bagian bawahnya suka awut-awutan 😂

      Delete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.